Kamis, 25 April 2024

PDIP: Pergerakan Pemilu 2024 Semakin Kuat

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP saat mengikuti peresmian salah satu kantor PDIP, Kamis (28/10/2021). Foto: Istimewa

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) mengatakan, peresmian Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai, Kamis (28/10/2021), menandakan makin solidnya partai dalam persiapan Pemilu 2024.

“Dengan peresmian ini, seluruh pergerakan kantor partai di Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2024 terus kami lakukan dengan sebaik-baiknya,” ujar Hasto.

Dia menegaskan, PDI Perjuangan tidak pernah membedakan wilayah. Karena menurutnya, setiap wilayah NKRI adalah satu kesatuan cita-cita sebagaimana dinyatakan Bung Karno.

Peresmian Patung Bung Karno dan 16 Kantor PDIP itu secara langsung dilakukan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP.

Hasto melaporkan, selama pandemi Covid-19 ini, PDIP telah meresmikan kantor partai sebanyak lima kali.

Total sudah terbangun 10 kantor DPD setingkat provinsi, 64 Kantor DPC setingkat kabupaten/kota, dan tujuh kantor PAC atau setingkat kecamatan.

“Jadi setelah 2019, kantor partai bertambah 81 kantor dan semuanya atas nama DPP Partai, tidak boleh diperjualbelikan, jadi aset abadi partai sepanjang NKRI ada,” kata Hasto.

Hasto juga mengingatkan pada hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, yakni 28 Oktober. Bagi PDIP, lanjut dia, penting untuk mendorong pemuda menjadi garda terdepan.

Politikus asal Yogyakarta itu menilai Sumpah Pemuda mengandung satu visi yang luar biasa, tentang satu bangsa, satu tanah air, dan menjujung tinggi bahasa persatuan Indonesia.

“Karena itulah sengaja peresmian kantor partai dan prasasti mengambil momentum Sumpah Pemuda untuk menegaskan partai bergerak untuk melakukan rekrutmen politik dan kaderisasi. Dan mendorong untuk menjadi pemuda pelopor, sehingga pemuda pelopor ini menjadi satu tujuan Indonesia raya itu. Sehingga sangatlah tepat momentum ini untuk membangun kesadaran kita tentang pentingnya Jas Merah, jangan meninggalkan sejarah,” kata Hasto.

Dalam peresmian kantor partai yang digelar sekaligus secara luring dan daring dari berbagai daerah itu, Megawati menandatangani prasasti dari kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Pramono Anung Wibowo salah satu Sekjen Senior bagi PDIP menemani Megawati.

Sementara Hasto Kristiyanto mengikuti acara dari kantor pusat partai di Jalan Diponegoro. Hasto ditemani Sadarestuwati Wasekjen dan Ketua DPP PDIP masing-masing Eriko Sotarduga dan Wiryanti Sukamdani.

Tjahjo Kumolo Sekjen Senior PDIP lainnya yang memimpin proses peresmian di Provinsi Aceh ditemani Nusyirwan Soedjono Ketua DPD PDIP dan dua anggota DPR RI.

Sementara Tri Rismaharini sebagai Ketua DPP PDIP meresmikan kantor di Kalimantan Utara (Kaltara) dengan meletakkan batu pertama.

Di Tangerang, Ribka Tjiptaning Ketua DPP PDIP memimpin peresmian. Sedangkan Elva Hartati memimpin peresmian taman dan patung Bung Karno di Lampung.

Seluruh Ketua DPP PDIP lainnya seperti Prananda Prabowo, Puan Maharani, Bambang Wuryanto, Ahmad Basarah, Sukur Nababan, hadir bersama ratusan pengurus partai daerah dan kepala/wakil kepala daerah dari seluruh Indonesia.

Mereka mengikutinya secara virtual melalui aplikasi Zoom.(faz/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs