Jumat, 29 Maret 2024

PDIP Surabaya: Semoga Pandemi Berlalu di Tahun Kerbau Logam

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan

DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya menyambut gembira datangnya Tahun Baru Imlek 2572 yang jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021.

“Selamat Tahun Baru Imlek. Gong xi fat cai. Semoga kesehatan, umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran selalu menyertai perjalanan kita di Tahun Kerbau Logam ini, terutama agar kita bisa melewati pandemi Covid-19 dengan baik. Semoga pandemi segera berlalu,” ujar Adi Sutarwijono Ketua DPC PDIP Surabaya.

Adi yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya mengajak seluruh warga Tionghoa yang merayakan Tahun Baru Imlek untuk terus memperkuat kerja-kerja gotong royong dalam membawa Surabaya dan Indonesia semakin baik, dari hari ke hari.

“Mari menjadikan Tahun Baru Imlek sebagai momentum untuk terus merawat komitmen kebhinnekaan, komitmen keindonesiaan, yang ujungnya adalah kerja bersama menghadapi semua tantangan bangsa, termasuk yang paling krusial adalah pandemi Covid-19,” papar Adi berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Komitmen keindonesiaan itu pula, lanjut Adi, yang juga melandasi berbagai gerak dan pemikiran para kader PDIP. Dia menjelaskan, Presiden Sukarno pada tahun ajaran 1946/1947, menjadikan tiga hari besar masyarakat Tionghoa, termasuk Imlek, sebagai hari libur resmi. Namun, pada era Orde Baru, seluruh ekspresi kebudayaan masyarakat Tionghoa dilarang.

Kemudian pada 17 Januari 2000, Presiden Abdurrahman Wahid mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2000 yang mencabut Inpres No 14/1967 yang dibuat Soeharto tentang agama, kepercayaan, dan adat istiadat China. Sehingga masyarakat Tionghoa kembali dapat merayakan Imlek di ruang publik.

“Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai presiden ke-5 RI kemudian menetapkan Imlek sebagai hari libur nasional pada 2003. Dalam berbagai kesempatan, Ibu Megawati tidak pernah lelah berpesan untuk menjadikan Indonesia sebagai taman sari kehidupan kebangsaan yang indah, dengan persaudaraan seluruh anak bangsa,” ujar Adi.(bid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs