Kamis, 4 Maret 2021

PKB Surabaya Berpeluang Dipimpin Anak Muda

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Fauzan Fuadi Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Jatim. Foto : Istimewa

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Timur akan menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak, di 38 Kabupaten/Kota Jatim dalam waktu dekat.

“Muscab, masih kita matangkan konsep pelaksanaan teknisnya. Karena di 38 kabupaten kota di Jatim situasi pandemi Covid-19, tentu membutuhkan konsep cermat, efektif, efisien. Insyaallah paling lambat awal Maret, Minggu ke-1/ke-2,” ujar Fauzan Fuadi Bendahara DPW PKB Jatim, Jumat (19/2/2021).

Fauzan mengatakan, untuk gelaran Muscab itu DPW PKB Jatim menargetkan bisa selesai semuanya pada bulan April 2021 atau sebelum memasuki bulan Ramadhan. Maka dari itu, mulai dari saat ini DPW PKB terus melakukan persiapan dan konsolidasi ke DPC-DPC terkait Muscab itu.

Dalam Muscab DPC PKB itu, Fauzan mengaku DPW PKB Jatim membuka peluang kepada anak muda untuk menjadi pucuk pimpinan DPC-DPC PKB  di Jatim. Tak terkecuali di Surabaya. Menurutnya, jika ada anak muda yang memiliki potensi, bukan tak mungkin ia bisa menggantikan posisi Musyaffa Rouf sebagai Ketua DPC PKB Surabaya.

“Surabaya ini kan heterogen ya. Sekarang memang era milenial. Soal pemimpin milenial ini juga harus memfasilitasi milenial, mewadahi mereka. Kalau gak bisa ya percuma saja. Nanti bila di Muscab, top leader-nya dari milenial ya monggo saja, kan clue-nya pemilihannya musyawarah mufakat,” katanya.

Selain membuka peluang anak muda jadi pucuk pimpinan, menurut Fauzan Muscab merupakan start awal bagi PKB seluruh Jatim untuk berbenah. Terlebih mengatur formula yang pas untuk meningkatkan elektabilitas di daerah masing-masing. Terutama menjelang pemilu 2024 mendatang.

Di sisi lain, Surokim Abdussalam pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura mengatakan bahwa pergantian pucuk pimpinan partai-partai di Surabaya sangat dibutuhkan. Tak terkecuali PKB.

Apalagi menurutnya, saat ini Wali Kota Surabaya yang terpilih, Eri Cahyadi adalah politisi yang merepresentasikan kaum muda Surabaya. Sehingga sudah saatnya partai-partai Surabaya juga dipimpin anak muda.

“Surabaya butuh akselerasi-akselerasi khusus. Apalagi Mas Eri yang terpilih. Ini bukti kalau masyarakat mempercayakan masa depan kotanya ke anak muda,” kata Surokim. (bid/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Dua Pelanggaran dalam Satu Foto

Atap Ambruk di Rangkah

Berlubang dan Berkubang

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Surabaya
Kamis, 4 Maret 2021
30o
Kurs