Jumat, 29 Maret 2024

Target Ekonomi Tumbuh 7 Persen, DPR Minta Pemerintah Tetap Waspada

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI Foto: DPR RI

Pemerintah targetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2021 mencapai 7 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indonesia masih resesi di kuartal I dengan kontraksi minus 0,74 persen.

Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI bilang, meskipun ekonomi mengalami ketidakpastian secara global akibat pandemi Covid-19, namun pemulihan ekonomi Indonesia ‘on the track’ dan terus mengalami perbaikan.

“Tentu kita semua berharap, pada kuartal II ini ekonomi kita rebound dan tumbuh positif, sehingga Indonesia bisa keluar dari jurang resesi. Namun, apakah pada kuartal II ini angka pertumbuhan ekonomi kita mencapai 7 persen atau tidak? Tentu tergantung kinerja pemerintah dan beberapa faktor lainnya,” jelas Dasco, Senin (17/5/2021).

Oleh karena itu, Wakil Ketua DPR RI yang membidangi ekonomi dan keuangan ini mengimbau pemerintah untuk tetap waspada dan fokus mengendalikan Covid-19 serta menjaga momentum pemulihan ekonomi.

“Sebagai upaya mengejar pertumbuhan ekonomi, penting bagi pemerintah untuk tetap waspada dan fokus melakukan pengendalian virus dan menjaga momentum pemulihan ekonomi dengan meningkatkan investasi dalam negeri, menjaga optimisme pasar, dan melakukan serapan anggaran belanja negara secara optimal,” lanjut Dasco.

Secara khusus, Dasco mengingatkan kepada pemerintah agar mengoptimalkan serapan anggaran pada program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) tahun 2021 dalam rangka melindungi masyarakat dari ancaman Covid-19.

“Baik (ancaman) dalam aspek kesehatan dan keselamatan, kehidupan sosial maupun kesulitan ekonomi yang dialami oleh masyarakat,” ujar Dasco.

Dia juga meminta kepada pemerintah daerah pada kuartal II/2021 untuk segera merealisasikan belanjanya.

“Realisasi belanja ini dapat menjadi stimulus dalam pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat,” tutup Dasco.(faz/frh)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs