Senin, 29 November 2021

Zulkifli Hasan: Komunikasi Pusat dan Daerah Tentukan Keberhasilan Pembangunan di Daerah

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Zulkifli Hasan Wakil Ketua MPR. Foto: Istimewa

Zulkifli Hasan Wakil Ketua MPR mengatakan dalam era kompetisi demokrasi ini semua daerah berlomba-lomba untuk memajukan daerahnya masing-masing. Membangun setiap daerah itu dalam rangka memajukan pembangunan nasional. Karena itu, informasi dan kecepatan komunikasi antara pusat dan daerah akan menentukan keberhasilan dalam membangun daerah.

“Karena itu silaturahmi ini menjadi penting sebagai ajang komunikasi untuk mengetahui apa yang sedang diperjuangkan dan diharapkan masyarakat di perantauan, apa yang sudah dikerjakan dan diinginkan pemerintah daerah dan masyarakat Lampung. Komunikasi ini untuk meningkatkan kesepahaman agar kita bisa meningkatkan kinerja yang sudah ada,” kata Zulkifli Hasan dalam silaturahmi Masyarakat Lampung Perantauan Bersama Gubernur dan Tokoh-Tokoh serta Atlit-Atlit PON di Lampung, di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (21/11/2021).

Silaturahmi ini dihadiri Erick Thohir Menteri BUMN, Arinal Djuanidi Gubernur Lampung, para bupati dan walikota se Provinsi Lampung (14 kepala daerah di Lampung menghadiri silaturahmi ini), tokoh dan sesepuh masyarakat lampung, anggota DPR dan DPD dari Provinsi Lampung, M. Qodari, dan Henry Yosodiningrat.

Komunikasi yang lancar antara daerah dan pusat itu, Bang Zul memberi contoh pada saat pembangunan Institut Teknologi Sumatera (Itera). Saat itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah memutuskan akan membangun Itera di Sumatera Selatan. “Saya beberapa kali menghadap dan meminta agar Itera dibangun di Lampung. Saya katakan penduduk Lampung lebih banyak dibanding Sumsel dan Lampung mempunyai lebih banyak SDA, karena itu layak jika ada Itera di Lampung. Komunikasi dengan Gubernur Sjachrudin pada waktu itu cepat sekali, akhirnya Presiden SBY pun sepakat Itera didirikan di Lampung,” papar Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum Forum Komunikasi Persaudaraan Lampung Perantauan (FKPLP).

Begitu juga komunikasi dengan Presiden Joko Widodo. “Saya sudah dekat dengan Pak Jokowi ketika masih sebagai walikota Solo. Setelah Pak Jokowi menjadi presiden, saya menyampaikan sudah puluhan tahun di Sumatera tidak ada pembangunan jalan tol. Saya mendampingi Pak Jokowi ketika meresmikan beberapa jalan tol di Sumatera,” ujarnya.

Zulkifli memberi contoh komunikasi dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi selama ini berjalan dengan mudah dan lancar. “Gubernur ini seorang insinyur, yang jelas dan tegas dan tidak main-main. Kalau main-main, bangunan bisa runtuh. Karena itu kita mudah berkomunikasi. Saya merasakan komunikasi dengan gubernur mudah sekali,” ujar Bang Zul, sapaan Zulkifli Hasan.

Menurut Bang Zul, banyak proyek pembangunan yang sudah dikerjakan gubernur, bupati, dan walikota di Lampung. “Kemajuan Lampung tidak lepas dari bupati dan walikota. Bupati, dan walikota telah bekerjakeras untuk memajukan provinsi Lampung secara bersama-sama dan kompak di bawah kepemimpinan gubernur. Karena itu, kami di pusat merasakan komuniksi yang baik sekali dan lancar,” katanya lagi.

Bang Zul mengungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir merencakan akan mengembangkan Bakauheni menjadi pusat Pariwisata. Pelabuhan Bakauheni saat ini sudah tidak mampu menampung karena kapasitas pelabuhan sudah melebihi batas. Karena itu sedang direncanakan untuk menambah pelabuhan penyeberangan baru.

“Ada juga usulan untuk menjadi tuan rumah PON, membangun rumah sakit di Bandarlampung. Banyak hal yang bisa dilakukan kalau kita bersama-sama. Kami di pusat akan mendukung gubernur, bupati, walikota di Lampung yang telah bekerjakeras membangun daerah. Kami sekuat tenaga akan membantu,” katanya.(tin/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Senin, 29 November 2021
27o
Kurs