Senin, 3 Oktober 2022

DPC Bondowoso: Begini Cara Bayu Airlangga Besarkan Partai Demokrat di Jatim

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Fery Firmansyah Ketua DPC Partai Demokrat Bondowoso (kanan) bersama Bayu Airlangga. Foto: Istimewa

Musyawarah Daerah (Musda) VI Partai Demokrat Jawa Timur telah rampung pada 20 Januari 2021 lalu. Di Musda itu, ada dua calon Ketua Definitif DPD Jawa Timur yang akan dipilih oleh DPP Demokrat.

Dua calon itu antara lain Bayu Airlangga yang didukung 25 suara dan Emil Elestianto Dardak dengan 13 suara dukungan, meski pada akhirnya keputusan ada di tangan DPP.

Fery Firmansyah Ketua DPC Partai Demokrat Bondowoso menjelaskan, kedua calon itu akan mengikuti tahapan lanjutan yakni fit and proper test.

Uji kelayakan dan kepantasan itu akan dilakukan oleh Agus Harimurti Yudhoyono Ketua Umum, Teuku Riefky Harsa Sekjen, dan Herman Khaeron Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat.

Para petinggi DPP Partai Demokrat itu akan menjunjung tinggi Azas Demokrasi yang menjadi platform utama Partai Demokrat.

“Bayu Airlangga pada Musda tersebut berhasil mengungguli Emil Elestianto Dardak, dengan selisih 12 suara. Ini artinya, Bayu Airlangga diterima mayoritas DPC se-Jatim,” kata Ferry Firmansyah, Senin (26/01/2022).

Wakil Ketua Komisi III DPRD Bondowoso itu menambahkan, sesuai arahan AHY Ketua Umum dalam pembukaan Musda, perbedaan pilihan boleh-boleh saja. Karena itulah substansi dari demokrasi.

Namun pada akhirnya keputusan suara terbanyak yang jadi pegangan utama bagi seluruh pemilik suara.

Menurutnya, AHY berharap, Musda bisa melahirkan pengurus yang bisa meningkatkan elektabilitas partai, terutama pada Pemilu 2024.

Harapan AHY itu, menurut Ferry, akan partai dapatkan ketika Partai Demokrat Jatim dipimpin oleh Bayu Airlangga.

“Bayu dalam menjalankan roda Parpol menggunakan sistem tim. Bukan one man show, sehingga bisa diterima mayoritas DPC se-Jatim. Bahkan, rajin turun ke DPC, sehingga tumbuh soliditas. Terbukti dalam Musda, Bayu meraih 25 dukungan dari DPC,” ujarnya.

Dia melanjutkan, bila pimpinan pusat Partai Demokrat ingin Partai Demokrat Jatim solid dan elektabilitasnya meningkat pada Pemilu 2024, DPP Partai Demokrat pasti punya pertimbangan realistis.

“Unggul 12 Suara DPC bukti bahwa Kepemimpinan Bayu Airlangga sangat dibutuhkan di Jawa Timur,” katanya. “Apalagi Jatim ini lumbung suara Partai Demokrat.”

Karena itu, Fery berharap AHY mendengarkan suara grassroot yang menginginkan Bayu Airlangga memimpin DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Dia yakin, Bayu bisa membesarkan Partai Demokrat di Jawa Timur.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Senin, 3 Oktober 2022
30o
Kurs