Sabtu, 20 April 2024

DPR Ingatkan Mendag Bekerja Cepat Mengendalikan Harga Kebutuhan Masyarakat

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI Foto: DPR RI

Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI mengatakan, Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) yang baru dilantik harus bekerja cepat menjalankan perintah Joko Widodo Presiden.

Menurutnya, evaluasi di internal Kementerian Perdagangan dan kementerian terkait bisa dilaksanakan bersamaan dengan upaya konkret menurunkan harga berbagai kebutuhan masyarakat.

Selain itu, legislator Partai Gerindra tersebut mengingatkan Zulkifli perlu segera menemukan formula untuk menjaga stabilitas harga, salah satunya minyak goreng.

Pernyataan itu disampaikan Sufmi Dasco pada Selasa (21/6/2022) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

“Saya pikir untuk evaluasi Mendag bisa sambil berjalan, karena masyarakat sudah berteriak meminta penurunan harga berbagai kebutuhan pokok. Pak Zulkifli Hasan selaku Mendag yang baru juga harus mencari formula untuk menstabilkan harga-harga,” ujar Dasco.

Sebelumnya, Senin (20/6/2022), Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan menyatakan perlu waktu antara satu sampai dua bulan ke depan untuk menurunkan harga minyak goreng curah.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) pun meminta pengusaha besar minyak sawit mendengarkan keluhan masyarakat atas mahalnya harga minyak goreng di pasaran.

Dia bilang, salah satu yang jadi persoalan adalah belum meratanya peredaran minyak goreng curah sesuai harga eceran tertinggi Tp14 ribu per liter di Tanah Air.

Mantan Ketua MPR RI itu pun berjanji lebih tegas menerapkan aturan wajib buat produsen minyak sawit memenuhi kebutuhan dalam negeri (domestic market obligation), serta kewajiban mengikuti harga domestik (domestic price obligation).(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs