Selasa, 5 Juli 2022

Dua Ketua DPC Demokrat di Jatim: Cuma Bayu Airlangga Kandidat yang Sah di Musda ke-VI Jatim

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Bayu Airlangga Pengurus Partai Demokrat di Jatim Kandidat Ketua DPD dalam Musda ke-VI Partai Demokrat Jatim. Foto: Istimewa

Menjelang Musyawarah Daerah Partai Demokrat Jatim pada Kamis (20/1/2022) besok, sejumlah Ketua DPC Demokrat di Jatim menyuarakan dukungannya untuk kandidat Calon Ketua DPD Jatim.

Agus Salam Ketua DPC Sampang salah satunya. Dalam posisinya sebagai pendukung Bayu Airlangga sebagai Calon Ketua Demokrat Jatim, dia menegaskan bahwa cuma Bayu kandidat yang sah.

“Bagi saya, calon yang sah dalam Musyawarah Daerah ke-VI Demokrat Jatim nanti hanya Mas Bayu,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Selasa (18/1/2022).

Agus mendasarkan pernyataannya itu pada Peraturan Organisasi (PO) Partai Demokrat Nomor 02/DPP-PD/V/2021 tentang aturan mengenai bakal calon Ketua DPD di dalam Musyawarah Daerah (Musda).

“Jelas bahwa bakal calon Ketua DPD Partai Demokrat hasil penjaringan, yang akan diajukan di Musda, diputuskan dan ditetapkan partai selambat-lambatnya tujuh hari sebelum Musda,” katanya.

Dia pun berupaya meyakinkan kembali bahwa Bayu Airlangga adalah calon yang sah, karena sampai Selasa (18/1/2022), bakal calon yang sudah mendaftar hanyalah sosok menantu Pakde Karwo itu.

“Hingga saat ini yang sudah mendaftar hanya Bayu,” jelasnya. “Jadi, yang sah menjadi calon ketua DPD Partai Demokrat Jatim hanya Bayu sebagai calon tunggal dalam Musda VI.”

Sementara itu, Edi Santoso Ketua DPC Gresik yang juga pendukung Bayu mengatakan, Bayu Airlangga adalah pemilik dukungan terbanyak di Musda Jatim. Bahkan di Indonesia.

Dia mengeklaim, ada sebanyak 32 suara dari 40 suara yang sah di Musda Jatim (38 DPC plus DPD dan DPP) yang dia klaim akan dialamatkan kepada Bayu Airlangga di Musda ke-VI Partai Demokrat Jatim.

Menurut Edi, sejalan dengan platform partai dalam memperjuangkan demokrasi, seperti termuat di dalam Pasal 4 ayat 4 Pembukaan AD/ART Partai Demokrat, harusnya Bayu yang terpilih di Musda ke-VI Jatim.

“Karena itu, Musda seyogyanya menjunjung tinggi demokrasi meski keputusan ada di tangan DPP. Saya percaya, Mas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono Ketua Umum Demokrat) akan mendengar mayoritas aspirasi Ketua DPC yang berjuang di akar rumput,” ujarnya.

Mengenai dukungan suara terbanyak untuk Bayu Airlangga itu, Agus Salam Ketua DPC Sampang juga membenarkan. Aturan pencalonan dan dukungan mayoritas, dia tegaskan satu kesatuan dalam demokrasi.

“Jadi keduanya tidak bisa dipisahkan. Musda harusnya mengakomodir suara mayoritas. Lha, sampai saat ini, kurang dua hari menuju Musda, yang daftar cuma Mas Bayu, tidak ada yang lain,” kata Agus.(den)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
30o
Kurs