Sabtu, 27 April 2024

KPU Target Gen Z dan Milenial Peduli Pemilu Serentak 2024

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Minahasa Rendy Suawa di Manado, pada Sabtu (1/10/2022). Foto: Antara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan Generasi Z dan Milenial peduli terhadap pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024 mendatang.

“Jika generasi milenial dan Gen Z ini diberikan pemahaman serta edukasi yang baik tentang demokrasi, maka sikap peduli akan pelaksanaan pemilu akan menjadi bagiannya,” ucap Rendy Suawa Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Minahasa di Manado, pada Sabtu (1/10/2022) saat dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, KPU terus mendorong kepedulian milenial dan Gen Z untuk melek politik dan berpartisipasi aktif menggunakan hak politik dalam Pemilu 2024.

Menurutnya, Generasi Z dan milenial memiliki jumlah yang signifikan dalam populasi dan sangat paham terkait interaksi digitalisasi, sehingga penting untuk pengenalan dan melibatkan diri secara dini terkait pendidikan politik.

Lebih lanjut, dua generasi tersebut bukan hanya sebagai sumber suara, tapi berperan aktif dalam demokrasi serta peduli terhadap pelaksanaan Pemilu 2024.

Rendy menjelaskan dalam hal partisipasi politik, Generasi Z sangat substansial karena dalam persentase jumlah pemilih milenial banyak menyumbangkan suara pada Pemilu 2024 nantinya.

Generasi Z memiliki pengaruh tersendiri dalam pemilu, selain karena jumlahnya yang cukup banyak, Generasi Z juga hidup pada era informasi di mana segala sesuatunya menggunakan internet atau media online.

Berdasarkan survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Pemilu 2024 mendatang akan didominasi oleh kaum Generasi Z dan milenial yang rentang usianya 17-39 tahun mendekati 60 persen.(ant/ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs