Senin, 29 April 2024

KPU Tegaskan Sudah Sangat Siap Selenggarakan Pemilu 2024

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mochammad Afifuddin Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (9/6/2022). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Mochammad Afifuddin Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan kalau pihaknya sudah sangat siap untuk menyelenggarakan Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Afifuddin dalam Dialektika Demokrasi dengan tema “Mengawal Tahapan Pemilu 2024” di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

“Kalau ada pertanyaan apakah KPU sudah siap menyelenggarakan pemilu, nah saya ingin pastikan di sini kalau KPU sudah sangat siap menyelenggarakan Pemilu 2024,” ujar Afif.

Sejauh ini, kata Afif, KPU telah mengundang Joko Widodo Presiden dan pimpinan lembaga negara terkait serta partai politik untuk menghadiri peluncuran (launching) dimulainya tahapan Pemilu 2024.

“Jadi nanti tanggal 14 Juni 2022 malam di kantor KPU akan di launching mulainya tahapan pemilu 2024. Insyaallah kita juga sudah mengundang presiden dan pimpinan lembaga negara yang akan terlibat dalam kegiatan ini, termasuk juga partai politik,” jelasnya.

Afif menjelaskan bahwa satu di antara tahapan yang biasanya membuat hangat hubungan di KPU dan Bawaslu itu adalah para pihak yang tidak menerima atau tidak puas dengan proses pendaftaran.

Kata Afif, untuk pendaftaran partai akan dimulai tanggal 1 sampai tanggal 7 Agustus 2022.

“Kapan kita akan mendapatkan berapa partai yang akan masuk dan ikut pemilu, itu tanggal 14 Desember 2022. Jadi di akhir tahun ini, kita insya Allah akan mendapat kepastian berapa partai peserta pemilu,” ungkapnya.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs