Selasa, 23 April 2024

PDIP: Risma Layak Jadi Kandidat Pilgub DKI, Tapi Keputusan Tetap di Tangan Megawati

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tri Rismaharini Menteri Sosial mengikuti upacara secara daring dari kantor Kementerian Sosial, Selasa (1/6/2021) Foto : Istimewa

Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan, partainya memiliki banyak stok kader pemimpin yang bisa didukung untuk Pilgub DKI Jakarta.

Namun, Hasto menegaskan, Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP yang akan tetap memutuskan siapa kandidat yang akan dipilih.

“Nanti rakyat yang menentukan. Bu Mega secara konstitusional memiliki kewenangan menetapkan,” kata Hasto di sela-sela kegiatan pembersihan DAS dan penanaman pohon di Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur, Minggu (9/1/2022).

Awak media menyinggung nama Tri Rismaharini Menteri Sosial. Hasto menilai sosok Risma sudah teruji saat memimpin Kota Surabaya.

Hasto menyatakan, daya kepemimpinan Risma memang pantas dijadikan contoh untuk membangun seluruh daerah di Indonesia, termasuk DKI Jakarta.

“Itu hal yang bagus karena dengan merawat kota menjadi bersih dan sehat, bukankah ini tanggung jawab kita sebagai warga bangsa? Apa yang dilakukan Bu Risma menjadi bagian kurikulum dalam sekolah partai agar merawat lingkungan, menanam pohon, membangun taman kota, membersihkan sungai, jadi bagian politik sehari-hari yang harus dijalankan setiap anggota partai,” kata Hasto.

Bukan hanya Risma, kata Hasto, PDIP juga memiliki nama seperti Ahmad Basarah Wakil Ketua MPR RI, Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang, Budi Sulistyono Bupati Ngawi, dan I Made Agus Mayastra Bupati Gianyar, Bali.

Soal nama Gibran Rakabuming, Hasto mengatakan kalau putra Joko Widodo Presiden itu masih diberikan tanggung jawab untuk memimpin Solo yang belum genap satu periode.

“(Masih, red) harus menunjukkan kualitas kepemimpinan dalam mengubah kota Surakarta,” kata Hasto.(faz/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs