Selasa, 18 Januari 2022

Risma Dapat Kritik, Hasto: Dedikasi dan Perjuangan Risma untuk Kalangan Disabilitas Sudah Terbukti

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP. Foto: Istimewa

Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengeklaim, sudah banyak bukti rekam jejak Tri Rismaharini Menteri Sosial dalam memperjuangkan kaum disabilitas.

“Apa yang dilakukan Ibu Risma adalah agar mereka mampu mengungkapkan seluruh ekspresinya dan kemudian menjadi sempurna karena karya dan daya ciptanya, tentu tak perlu diragukan,” kata Hasto.

Dia sampaikan itu usai acara peringatan HUT ke-17 Repdem di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/12/2021).

Pernyataan Hasto ini merespons pertanyaan wartawan soal sebagian pihak yang mencibir Risma karena meminta anak disabilitas tuna rungu agar berbicara.

Hal itu terjadi ketika Kementerian Sosial menggelar acara lelang lukisan anak-anak penyandang disabilitas pada Kamis 2 Desember lalu dan Risma hadir.

Hasto menegaskan, kritikan dan apa yang terjadi di momen penghargaan lelang lukisan itu hanya miskomunikasi. Hasto mengajak semua pihak melihat kembali seluruh rekam jejak kepemimpinan Risma.

Sebab Risma terus mengedepankan semangat kemanusiaan yang berkeadilan, sehingga mampu mengangkat disabilitas pada posisi sebagai warga negara Indonesia yang bisa berprestasi.

Ketika menjadi Wali Kota Surabaya, kata Hasto, Risma membuktikannya. “Selama ini Ibu Risma dikenal publik sudah mengangkat mereka setara, dengan membangun mereka agar memiliki semangat juang,” kata Hasto.

“Diperlakukan dengan setara itu yang lebih penting, bukan dikasihani. Tapi setara dengan memberi motivasi untuk menjadi warga negara Indonesia yang bangga dan justru mengangkat mereka hingga mampu menciptakan daya lebih dibanding yang lain. Terutama kesehatan mental, keteguhan dalam perjuangan. Itu yang dibangun Ibu Risma,” kata Hasto.

Ia pun mengingatkan, Risma adalah salah satu sosok yang memberi dorongan ketika PDI Perjuangan memberikan penghargaan kepada para atlet berprestasi di Paralimpiade beberapa waktu lalu.

“Sehingga PDIP sebagai satu-satunya partai yang mendorong kebijakan berpihak pada disabilitas. Ketika Paralimpiade, karena dorongan Ibu Risma, kita berikan apresiasi pada disabilitas yang menunjukkan daya prestasinya,” ujar Hasto.(faz/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 18 Januari 2022
30o
Kurs