Jumat, 29 Maret 2024

Pengamat Mengkritisi Kinerja Ganjar Pranowo Soal Air Bersih

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah saat berkunjung ke Suara Surabaya Center (SSC) pada Minggu (4/4/2021). Foto: Dimas Suara Surabaya

Jamiluddin Ritonga, pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul mengkritisi kinerja Ganjar Pranowo memimpin Jawa Tengah selama dua periode.

Dia menyoroti wilayah Paranggupito, Wonogiri yang sudah puluhan tahun masyarakat di sana hidup tanpa air bersih.

“Artinya Ganjar selama ini membangun belum menyeluruh wilayah Jawa Tengah. Daerah Wonogiri tampaknya kurang mendapat perhatian,” kata Jamiluddin kepada wartawan, Jumat (29/4/2022).

Ia mengingatkan Ganjar untuk segera melakukan evaluasi terhadap kinerjanya.

“Ganjar sebaiknya melakukan evaluasi, wilayah mana saja yang selama ini memang kurang mendapat perhatian, itu poinnya,” ujarnya.

Selain itu, Wonogiri juga dikenal dengan masalah kemiskinan yang cukup tinggi. Sedangkan salah satu program dari pemerintahan Jokowi adalah mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

“Namun realitasnya, kita melihat daerah Jawa Tengah itu adalah tingkat kemiskinan tertinggi di pulau Jawa,” ujarnya.

Menurut dia, kinerja Ganjar selama ini belum mampu mengkoordinir para wali kota dan bupati di wilayah Jawa Tengah agar pembangunan di sana bisa merata.

Sebelumnya, Puan Maharani Ketua DPR meresmikan fasilitas air bersih untuk masyarakat Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah. Puan mengaku mendengar cerita bahwa ada wilayah di Wonogiri yang selama puluhan tahun belum mendapatkan air bersih. Bahkan warga hanya sering cuci muka saat membersihkan diri.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs