Selasa, 27 September 2022

PKB dan Gerindra Resmi Koalisi untuk Pemilu 2024

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Partai Gerindra dan PKB resmi berkoalisi untuk Pemilu 2024, Sabtu (13/8/2022). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi menjalin koalisi atau kerja sama untuk Pemilu 2024.

Penandatangan kerja sama atau koalisi ini dilakukan di sela-sela Rapimnas Partai Gerindra di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Penandatanganan piagam kerja sama atau koalisi dilakukan langsung oleh Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra dan Abdul Muhaimin Iskandar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa dengan didampingi Sekjen masing-masing yakni Ahmad Muzani dari Gerindra dan Hasanuddin Wahid dari PKB.

Piagam kerja sama tersebut selanjutnya dibacakan bersama oleh Sufmi Dasco Ahmad Ketua Harian Partai Gerindra dan Jazilul Fawaid Wakil Ketua Umum PKB.

Muhaimin mengucap syukur karena Gerindra dan PKB dipertemukan dalam acara yang sangat monumental untuk satu tujuan.

“Alhamdulillah, hari ini kita semua diberi kesempatan kesehatan dan kekuatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala sehingga bisa bertemu bersama-sama dalam sebuah acara yang sangat monumental dan penuh sejarah. Hari ini kita semua bersyukur berbahagia dan bangga, dua partai telah dipertemukan PKB dan Gerindra untuk satu tujuan menuju terwujudnya Indonesia yang adil makmur dan sejahtera,” ujar Muhaimin dalam pidatonya di depan kader Gerindra maupun PKB.

Kata dia, PKB dan Gerindra merupakan dua kekuatan partai politik yang memiliki karakter ideologi dan semangat yang sama.
Gerindra adalah partai nasionalis agamis, dan PKB adalah partai agamis nasionalis.

“Kesamaan ideologi, gagasan, cita-cita inilah yang merekatkan dan mendorong kita bertemu hari ini dan bersama-sama untuk bertekad hari ini dan hari-hari yang akan datang. Insya Allah kita berdua siap mengatasi seluruh persoalan-persoalan bangsa,” kata Muhaimin.

“Tekad dan kebersamaan ini juga tertuang di dalam tekad dan semangat kita dengan dimulainya pemilu dan tahapan-tahapannya. Insya Allah 2024 kita akan rebut kekuasaan untuk kemakmuran dan kesejahteraan Indonesia,” imbuhnya.

Menurut Muhaimin, kerjasama yang telah ditandatangani hari ini adalah komitmen, tekad, kerja dan rencana bersama membawa kemaslahatan bagi rakyat dan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Pak Prabowo beserta jajaran pernah berkunjung ke kantor PKB. Kehadiran Pak Prabowo waktu itu videonya cukup viral di seluruh tanah air, salah satunya adalah pernyataan Pak Prabowo bahwa PKB dibutuhkan dan sangat relevan untuk mengatasi persoalan dan kemaslahatan bangsa. Hari ini kita dipertemukan dan pernyataan Pak Prabowo itu saya jawab Gerindra adalah kekuatan merah putih yang layak kita harapkan mengatasi keadaan masyarakat bangsa dan negara,” tegas Muhaimin.

Sementara, Prabowo Subianto Ketua Umum Gerindra mengaku kalau sejak dulu partainya ingin berkoalisi dengan PKB. Dia menilai, PKB adalah partai terbuka yang bisa merangkul semua kalangan.

“Hari ini PKB pun punya anggota agama Budha keturunan Tionghoa, artinya PKB adalah partai terbuka partai yang merangkul semua. Jadi jangan heran kalau Gerindra cocok sama PKB,” ucap Prabowo.

“Gus (Muhaimin), kita dari dulu pengin sama antum. Tapi tidak ada kata terlambat, Walaupun dulu kita belum sekompak ini tapi dari dulu kita selalu dekat di hati,” imbuhnya.

Prabowo mengucapkan terima kasih kepada PKB, khususnya Muhaimin Iskandar karena merupakan partai pertama yang mengajak Gerindra untuk berkoalisi.

“Kalian yang pertama mengajak kerjasama dengan Gerindra. Ada yang mengatakan terlalu cepat, dan kadang-kadang yang pertama itu penuh risiko. Berarti pimpinan kalian dan jajaran pimpinan mereka adalah orang-orang yang berani. Mereka adalah orang-orang berani mengambil keputusan. Untuk itu, saya terima kasih. Atas nama keluarga besar Gerakan Indonesia Raya, saya nyatakan terima kasih atas kepercayaan PKB,” pungkas Prabowo.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
30o
Kurs