Jumat, 26 April 2024

PPP : Sandiaga Uno Belum Masuk dalam Struktur PPP

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Achmad Baidowi Ketua DPP PPP. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Sandiaga Salahudin Uno Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dikabarkan akan pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Melalui PPP, Sandi Uno juga dikabarkan akan maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Achmad Baidowi (Awiek) Ketua DPP PPP bersyukur kalau memang benar Sandiaga Uno akan pindah ke PPP.

“Ya kalau informasi itu benar ya Alhamdulillah. Tapi kan itu informasi dari Pak Dasco (Sufmi Dasco Ahmad), bukan dari Pak Sandi,” ujar Awiek saat dihubungi suarasurabaya.net, Kamis (29/12/2022).

Yang jelas, kata Awiek, hubungan Sandiaga Uno dengan PPP baik-baik saja.

“Dan beberapa kali Pak Sandi diundang oleh struktur partai untuk menjadi narasumber dalam sebuah kegiatan dalam konteks beliau sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif, bahkan mengisi kegiatan workshop DPRD dan juga mengisi kegiatan-kegiatan di tempat lain. Diundang oleh pengurus PPP beliau responsif karena diundang atas nama pejabat negara yakni sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif,” jelasnya.

Meski begitu, lanjut Awiek, PPP tetap menghormati Partai Gerindra karena Sandiaga Uno masih tercatat di partai pimpinan Prabowo Subianto itu.

“Tentu PPP menjunjung tinggi fatsun politik, menghormati fatsun politik bahwa Pak Sandi itu masih tercatat sebagai kader Gerindra. Ya kalau kemudian ada informasi dari Gerindra seperti itu ya mudah-mudahan (benar). Kita menyambut baik itu. Tetapi sampai saat ini dalam revitalisasi struktur kepengurusan DPP PPP kemarin tidak ada nama pak Sandiaga Uno karena PPP menghormati fatsun politik yang ada,” tegasnya.

PPP sendiri, menurut dia, sangat dekat dengan Sandiaga Uno. PPP juga sering berdiskusi dengan Sandi sebagai sesama anak bangsa dan sesama umat Islam.

“Sebatas komunikasi biasa, karena kader-kader PPP juga banyak yang dekat dengan Pak Sandi itu, misalkan ketika di HIPMI, satu kepengurusan di HIPMI, ya biasa aja,” terangnya.

“Sebagai sesama umat Islam, sesama tokoh bangsa, berdiskusi tukar pikiran, apalagi beliau kan Pilpres kemarin maju sebagai Calon Wakil Presiden itu kan kelasnya sudah nasional. Hari ini jadi menteri, berdiskusi sesama anak bangsa itu bagus,” pungkas Awiek.

Sebelumnya, Sufmi Dasco Ahmad Ketua Harian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tidak mempermasalahkan jika Sandiaga Salahudin Uno Wakil Ketua Dewan Pembina akan pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Dasco bahkan mengetahui kalau sebentar lagi Sandiaga Uno akan resmi menjadi anggota PPP.

Sekadar diketahui, Sandiaga Uno beberapa kali memang menyatakan soal kesiapannya maju sebagai Capres. Tetapi, Partai Gerindra sendiri sudah resmi mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres ya.

“Jadi saya pikir pernyataan Pak Sandi yang mau mencapreskan tidak masalah. Saya pikir itu tidak perlu dijadikan polemik karena saya sudah mendengar kabar dari teman-teman Fraksi PPP bahwa Pak Sandi itu sebentar lagi sudah resmi menjadi anggota PPP,” ujar Dasco dalam keterangannya, Kamis (29/12/2023)

Sehingga, kata dia, kalau sudah menjadi anggota PPP, maka hal itu merupakan kewenangan dari partai PPP untuk mencalonkan atau tidak mencalonkan Sandiaga Uno.

“Kan kalau memang sudah resmi di PPP kan nggak ada yang perlu ditanya ke Gerindra,” jelasnya.

Dasco mengaku belum mendengar langsung dari Sandiaga Uno kalau berencana pindah ke PPP. Hanya saja, dia sudah mendengar soal rencana pindahnya Sandiaga Uno dari teman-temannya di Fraksi PPP.

“Saya baru dengar dari teman-teman Fraksi PPP. Jadi nanti silakan ditanyakan kepada yang bersangkutan, silakan ditanyakan kepada PPP,” tegasnya.

Sejauh ini, Dasco juga belum menerima informasi soal pengunduran diri Sandiaga Uno dari Partai Gerindra.

“Sepertinya belum, tapi saya dengar kabar terakhir dari teman-teman Fraksi PPP. Nanti bisa mungkin ditanyakan bahwa sebentar lagi sudah sah menjadi anggota PPP,” pungkas Dasco.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs