Sabtu, 4 Mei 2024

Baru Dua Parpol Selama 11 Hari Dibuka, KPU Jatim Imbau Tidak Daftarkan Bacaleg di Hari Akhir

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Choirul Anam Ketua KPU Jatim waktu ditemui usai Coklit di rumah Gubernur Jatim, Jumat (24/2/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Selama masa pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) 1-14 Mei 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyebut baru ada dua partai politik yang mendaftar.

Keduanya, DPD PDI Perjuangan Jatim dan DPW NasDem Jatim mendaftar hari ini, Kamis (11/5/2023) siang di Kantor KPU Jawa Timur, Jalan Tenggilis Surabaya.

Choirul Anam Ketua KPU Jatim menyebut, masih menunggu konfirmasi soal partai politik (parpol) lain yang belum mendaftar.

“Sementara yang sudah konfirmasi, besok Jumat (12/5/2023) PKS jam 08.00 WIB, kemudian Partai Ummat jam 09.00 WIB, PAN jam 13.00 WIB, dan PKB jam 14.00 WIB. Sedangkan Sabtu (13/5/2023) Partai Bulan Bintang. Minggu (14/5/2023) Partai Buruh,” jelasnya.

Choirul Anam mengimbau, parpol yang belum mendaftarkan bacaleg, tidak bersamaan di hari terakhir, Minggu (14/5/2023).

“Artinya yang lain belum konfirmasi. Kita masih belum tahu, kapan akan menyampaikan daftar usulan bacaleg,” tambahnya.

Ia menjelaskan, belum ada keluhan kendala yang menyebabkan parpol-parpol belum mendaftar.

“Sampai hari ini, kita menanyakan ada kendala apa, insyaAllah belum ada. Jadi terkait Silon itu tidak ada kendala. NasDem, PDIP juga gak ada kendala yang daftar hari ini. Tapi kami stand by. Dari beberapa parpol kenapa belum, salah satunya berkas persyaratan belum selesai. Itu di luar ranah KPU. Harapannya parpol atau DPD tidak di hari terakhir,” jelasnya lagi.

Ia minta parpol yang belum, segera melengkapi berkas dan mendaftarkan dokumennya ke KPU Jatim.

“Prinsipnya KPU Jatim, stand by sampai tanggal 14 Mei pukul 23.59 WIB untuk hari terakhir. 1-14 Mei ini yang kita periksa kelengkapan, bukan keabsahan atau kebenaran. Nanti akan kita sampaikan partai ini kekurangan ini, ini. Nanti akan kami verifikasi administrasi. Parpol punya ruang melakukan perbaikan mulai 26 Mei-3 Juni,” bebernya.

Sementara, bakal calon (bacalon) DPD sudah ada beberapa figur yang mendaftar. Total 7 orang dari total 15 bacalon DPD dapil Jatim yang lolos tahap awal pencalonan beberapa waktu lalu. Beberapa juga ada sudah menyampaikan rencana jadwal pendaftaran.(lta/abd/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
25o
Kurs