Selasa, 14 Mei 2024

Bawaslu Ajak Masyarakat Jadi Aktor Penting dalam Pemilu 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Lolly Suhenty anggota Bawaslu RI ajak masyarakat menjadi aktor dalam Pemilu 2024. Foto: Bawaslu RI

Lolly Suhenty anggota Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Republik Indonesia, mengajak masyarakat untuk menjadi aktor dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti. Dia meminta masyarakat menjadi pengawas paling tidak di dalam lingkungan keluarga dan sekitar.

“Dalam melihat Pemilu, semua orang harus hadir sebagai aktor sesuai peran masing-masing. Masyarakat sangat bisa menjadi aktor, tak hanya sebagai pemilih tapi bisa sebagai pengawas secara mandiri,” ujarnya di lansir Antara pada Sabtu (18/11/2023).

Lolly Suhenty menegaskan bahwa Pemilu bukan hanya milik Komisi Pemilihan Umum(KPU) dan Bawaslu. Harus ada peran masyarakat di sana. Sebab  semua suara sama nilainya yakni satu.

“Pemilu adalah ajang legal merebut kekuasaan dan dijamin konstitusi untuk pergantian kepemimpinan. Itu tak lepas dari akar Budaya Indonesia, jadi jangan lupa dalam demokrasi kita punya nilai budaya yang harus dilihat,” katanya.

Sementara itu, KPU RI pada Senin (13/11/2023) menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant/feb)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
29o
Kurs