Sabtu, 11 Mei 2024

Debat Pilpres 2024, Tiga Cawapres Optimistis Wujudkan Ekonomi Nasional yang Lebih Baik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Muhaimin Iskandar Cawapres nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka Cawapres nomor urut 2 , dan Mahfud MD Cawapres nomor urut 3 dalam debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, malam hari ini, Jumat (22/12/2023), selesai menggelar Debat Pilpres 2024 kedua, di Jakarta Convention Center (JCC), Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Debat calon wakil presiden (cawapres) bertema ekonomi, meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, serta perkotaan.

Dalam debat, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD calon wakil presiden (cawapres) sama-sama menyampaikan gagasan dan ide untuk menjadikan perekonomian nasional lebih baik.

Mereka juga saling berinteraksi dengan memberikan tanggapan berupa masukan bahkan kritik terhadap jawaban atau pernyataan yang disampaikan masing-masing cawapres.

Pada debat kali ini, Mahfud MD memakai baju khas Madura daerah asalnya lengkap dengan udeng atau ikat kepala. Gibran memakai kemeja warna biru muda, dan Muhaimin setelan jas serta kopiah hitam.

Gibran Rakabuming Raka mendapat kesempatan pertama menyampaikan visi dan misinya. Cawapres nomor urut 2 itu memaparkan visi misi bidang ekonomi yang berkelanjutan, percepatan, dan penyempuraan.

Di hadapan pendukung tiga pasangan capres, dia menyatakan Indonesia harus bisa keluar dari perangkap pendapatan menengah menjadi negara maju.

Menurut Gibran, salah satu kuncinya adalah menaikkan nilai tambah dalam negeri, di tengah ancaman resesi dan konflik geopolitik.

Wali Kota Solo itu berjanji melanjutkan program hilirisasi di sektor tambang, pertanian, perikanan, bahkan sektor digital.

Dia bersama Prabowo Subianto juga akan melanjutkan pemerataan pembangunan Indonesia Sentris dan menggenjot ekonomi kreatif serta UMKM, kalau nanti terpilih sebagai pemimpin Indonesia.

Lebih lanjut, Gibran menjelaskan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berkelanjutan, bisa menumbuhkan ekonomi baru, dan membuka akses lapangan kerja.

IKN, sambung Gibran, merupakan simbol pemerataan dan transformasi pembangunan di Indonesia.

Supaya bisa mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045, Gibran menegaskan pemerintah harus menyiapkan generasi muda yang menguasai keahlian dan teknologi masa depan.

Sementara itu, Mahfud MD memaparkan visi ekonomi unggul berdaya saing.

Pasangan calon presiden nomor urut 3, kata Mahfud, akan menyediakan 17 juta lapangan kerja baru, membentuk lingkungan usaha yang mendukung pertumbuhan UMKM.

Selanjutnya, Ganjar-Mahfud berkomitmen memudahkan para pelaku UMKM berdagang di ruang publik.

Pada kesempatan itu, Muhaimin Iskandar cawapres nomor urut 1 mengatakan akan menangani berbagai masalah ketimpangan di Indonesia dengan pemerataan ekonomi.

Dia menggunakan istilah slepet atau melecutkan sarung yang biasa dilakukan santri di pesantren.

Cak Imin bilang, slepetan bisa membangunkan yang tidur, menggerakkan yang loyo dan mengingatkan yang lupa dengan persoalan ketimpangan.

Untuk itu, Muhaimin memaparkan beberapa langkah, antara lain melakukan reformasi kebijakan supaya para pekerja informal mendapatkan akses kredit dari lembaga keuangan.

Lalu, memperbaiki infrastruktur di daerah tertinggal untuk meningkatkan akses masyarakat dalam kegiatan ekonomi produktif.

Sekadar informasi, KPU RI menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024, terdiri dari tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029.(rid/iss)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
30o
Kurs