Minggu, 25 Februari 2024

Deklarasi Pemilu Damai Digelar di Kantor KPU RI pada 27 November

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengubah lokasi Deklarasi Pemilu Damai. Semula acara ini berlangsung di di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Senin (27/11/2023). Kemudian diubah menjadi di Kantor KPU RI.

“Tidak jadi di GBK, kan? Jadinya di depan kantor KPU karena beberapa pertimbangan. Bedanya di lokasi saja dan sesuai kapasitas kita,” kata Afifuddin anggota KPU RI, Sabtu (25/11/2023).

Dilansir dari Antara, Afifuddin menjelaskan pada 27 November lusa akan ada deklarasi sekaligus persiapan hari pertama kampanye yang dimulai 28 November 2023.

Selain itu, salah satu acaranya adalah penutupan kirab pemilu yang sudah berkeliling ke seluruh Indonesia.

“Intinya itu tanggal 27 November Deklarasi Pemilu Damai beserta seluruh peserta Pemilu dan juga persiapan hari pertama kampanye,” katanya.

Afifuddin mengatakan bahwa Joko Widodo Presiden RI telah diundang untuk menghadiri Deklarasi Pemilu Damai. Namun, dirinya mengaku tidak mengetahui konfirmasi kehadiran dari Jokowi.

Sementara itu, KPU RI pada Senin, (13/11/2023) telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Lalu berdasdarkan hasil PPengundian dan penetapan nomor urut peserta, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
26o
Kurs