Senin, 29 April 2024

DPR RI Berharap Kasad Baru Tak Terpengaruh Tekanan Politik Jelang Pemilu

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jokowi Presiden memasang tanda pangkat Jenderal TNI di pundak Maruli Simanjuntak KSAD, disaksikan Luhut Pandjaitan dan Prabowo Subianto, Rabu (29/11/2023), di Istana Negara, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) yang baru saja dilantik di Jakarta, Rabu (29/11/2023) kemarin, bersikap profesional dengan tidak terpengaruh tekanan-tekanan politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kasad yang baru harus mampu menunjukkan profesionalitas dan keteguhannya untuk tidak terpengaruh jika ada tekanan politik dari pihak mana pun,” kata Christina Aryani anggota Komisi I DPR RI dilansir Antara, Kamis (30/11/2023).

Sikap tersebut perlu dikedepankan sebab berbagai kepentingan politik akan banyak mewarnai pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Kasad Maruli mendapat amanah baru ini pada momentum jelang Pemilu 2024 yang tentu saja akan banyak bersinggungan dengan tarik-menarik kepentingan politik, baik pileg maupun pilpres,” ucapnya.

Christina meyakini Maruli Simanjuntak mampu menjaga netralitas TNI Angkatan Darat (AD) pada Pemilu 2024.

“Kami yakin dengan bekal pengalaman dan kualitas kepemimpinan yang sudah ditunjukkan, TNI AD di bawah kepemimpinan KSAD Maruli akan mampu menjaga netralitas dan komitmennya pada kepentingan negara yang lebih besar,” katanya.

Selain persoalan netralitas, Christina juga menekankan Maruli Simanjuntak untuk memperhatikan aspek pembinaan prajurit TNI AD.

“Hal lain kami tetap mendorong agar aspek-aspek pembinaan prajurit tetap menjadi perhatian sehingga prajurit TNI AD makin menunjukkan sisi profesionalitasnya, serta semakin dicintai rakyat,” ujarnya.

Sebelumnya, Joko Widodo (Jokowi) Presiden melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Pangkostrad sebagai Kasad dengan pangkat Jenderal TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu siang. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs