Minggu, 19 Mei 2024

Gibran Disebut Satu-satunya Cawapres yang Angkat Isu Perempuan saat Debat

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Gibran Rakabuming Raka, Cawapres nomor urut 2 dalam debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU

Suci Suaib Saenong Komandan Pink Fanta, salah satu klaster Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran, mengklaim Gibran Rakabuming Raka calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 adalah satu-satunya cawapres yang mengangkat isu perempuan saat debat pada Jumat (22/12/2023) malam.

Menurut Suci, keberpihakan Gibran kepada perempuan tampak saat Wali Kota Surakarta itu menyebut penuntasan stunting dan ketersediaan sanitasi dan air bersih menjadi isu yang menjadi perhatian dalam program kerjanya jika terpilih menjadi wakil presiden.

“Keberpihakan itu terlihat saat debat kemarin. Satu-satunya yang mengangkat isu yang sangat dekat dengan perempuan itu Mas Gibran,” ujarnya dilansir Antara pada Senin (25/12/2023).

Suci menuturkan, perempuan merupakan tumpuan generasi ke depan. Ia yakin penuntasan masalah stunting harus dimulai dari pemberdayaan perempuan secara dini.

Oleh sebab itu, Suci mendukung program pemberian makan siang dan susu gratis yang digaungkan Prabowo-Gibran. Menurut dia, program tersebut juga berkaitan dengan pengembangan usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

“Hubungannya dengan UMKM kita tahu pada saat Pandemi Covid-19, benteng terakhir itu adalah perempuan. Yang bisa melaksanakan bisnis UMKM dari rumah dengan online, sambil tetap mendidik anaknya. Inilah keunggulan perempuan yang bisa survive (bertahan) dengan mental yang kuat,” katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (13/11/2023) menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11/2023), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant/mel/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
30o
Kurs