Sabtu, 27 April 2024

Ketua KPU Klarifikasi Tuduhan Roy Suryo soal Kecurangan Gibran saat Debat Pilpres

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hasyim Asy'ari Ketua Komisi Pemilihan Umum RI. Foto: Dok/Antara

Hasyim Asy’ari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI buka suara terkait unggahan Roy Suryo pakar telematika yang dalam akun media sosialnya mengatakan Gibran Rakabuming Raka calon wakil presiden nomor urut 2 menggunakan tiga mic sekaligus, sementara dua cawapres lainnya tidak.

Dalam unggahannya di media sosialnya, Roy Suryo mempertanyakan tiga mic yang digunakan Gibran, mulai dari clip-on, hand-held, hingga earphone.

Menurut Hasyim, para cawapres yang mengikuti debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam, semuanya menggunakan alat microfon yang sama.

“Semua cawapres pakai alat yang sama. Semua cawapres pakai tiga mic untuk mengantisipasi ada mic yang mati,” kata Hasyim dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (23/12/2023) malam yang dikutip Antara.

Hasyim juga menegaskan Gibran tidak menggunakan ear feeder atau pengumpan telinga. Dia menjelaskan alat yang berada di telinga para cawapres merupakan cantolan mic.

“Itu mic yang ditempel di pipi dan dicantolkan di kuping,” ungkapnya.

“Semua cawapres bisa ditanya dan juga stasiun TV penyelenggara debat, dan juga tim paslon yang berada di holding-room saat pemasangan mic, bisa ditanya,” jelas dia.

Hasyim memastikan debat cawapres berlangsung dengan adil dan spontan. Untuk itu dia menyayangkan analisis Roy Suryo yang keliru.

“Saya sebagai penyelenggara juga tahu dan siap tanggung jawab,” ucap Hasyim.

“Debat spontan, tidak mungkin didikte, mendengarkan bisikan atau baca contekan. Roy Suryo memang tukang fitnah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Roy Suryo berkomentar terkait pelaksanaan debat perdana cawapres di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023). Menurutnya, ada sejumlah kejanggalan dalam debat yang dilaksanakan oleh KPU.

Hal itu dilontarkan Roy Suryo melalui akun X miliknya, @KRMTRoySuryo1, Jumat (22/12/2023).

“Kemarin sudah saya duga, untuk menghindari cheating, sebaiknya next KPU adil,” cuit Roy Suryo, dikutip Sabtu.

“Kenapa si nomor 2 ini sampai gunakan tiga mic sekaligus: 1. Clip-on, 2. Hand-held & 3. Head-set? Apa gunanya juga ada earphone? Siapa yang bisa feeding ke telinganya? Mengapa 2 calon yang lain beda? Ambyar,” sambung dia.

Sebagai informasi, KPU RI pada 13 November 2023 lalu, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Selepas debat pertama antar-capres pada hari, Selasa (12/12/2023), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada hari, Jumat (22/12/2023), di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs