Sabtu, 20 April 2024

Kantongi Dukungan Empat Partai KIM, Khofifah Isyaratkan Merapat ke Prabowo-Gibran

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu ditemui di Surabaya setelah mendapat rekomendasi dukungan dari Partai Gerindra, Minggu (12/10/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) telah mengantongi rekomendasi dukungan resmi dari dua partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerindra.

Serta dua partai yang memberi dukungan secara lisan yaitu Partai Golkar dan Partai Demokrat. “Golkar sudah terkonfirmasi tapi suratnya belum sampai. Saya sudah dapat informasi,” kata Khofifah, Minggu (10/12/2023).

Partai-partai pendukung Khofifah untuk menjadi Cagub Jatim 2024 itu, yang juga mengusung Prabowo Subinato-Gibran Rakabuming Raka sebagai calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2.

Khofifah mengisyaratkan, bahwa arah dukungannya pada capres-cawapres di pemilu nanti sesuai dengan partai pendukungnya untuk maju menjadi Cagub Jatim 2024.

“Kebetulan yang sudah mengeluarkan rekomendasi satu, PAN. Secara lisan Pak SBY (Demokrat) juga sudah menyampaikan. Dan hari ini Partai Gerindra. Jadi partai afiliasinya ke 02. Saya rasa kawan-kawan sudah paham kan,” ujar Khofifah.

Namun Khofifah belum menyatakan dukungan secara resmi kepada pasangan Prabowo-Gibran. Gubernur Jatim itu menyebut, hal itu akan terjadi pada Januari 2024 mendatang atau setelah masa jabatannya habis.

“Resminya nanti Januari kawan-kawan. Tapi kan kawan-kawan bisa melihat trennya bahwa partai-partai pengusung ini kebetulan afiliasinya di 02, saya rasa begitu,” kata Khofifah.

Diberitakan sebelumya, Partai Gerindra resmi memberi rekomendasi dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa sebagai Calon Gubernur Jawa Timur 2024 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun depan.

Rekomendasi dukungan itu diserahkan langsung oleh Hashim Djojohadikusumo Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra kepada Khofifah di Hotel DoubleTree Surabaya, Minggu (10/12/2023).

Pemberian rekomendasi Partai Gerinda ke Khofifah ini tidak muncul begitu saja. Hashim mengutarakan, dukungan ini berasal dari para kader Gerinda Jatim yang meminta kepada Prabowo ketua umum partai supaya segera mendeklarasikan dukungan ke Khofifah.

Dukungan Gerindra ini juga sekaligus menandakan pemberian restu Prabowo kepada Khofifah supaya maju menjadi Cagub 2024. Begitupun dukungan Khofifah kepada Prabowo-Gibran untuk memenangkan Pemilu 2024.

“Iya merestui. Itu salah satu faktor juga (Khofifah dukung Prabowo-Gibran). Saya kira kita harus akui, enggak ada masalah kan, beliau (Khofifah) dukung Prabowo, Prabowo dukung beliau (Khofifah) kan begitu,” tutur Hashim. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs