Jumat, 1 Maret 2024

Gerindra Susul PAN Beri Rekomendasi Dukungan kepada Khofifah Sebagai Cagub 2024

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Djojohadikusumo Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra waktu menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada Khofifah untuk maju menjadi Cagub Jatim 2024, Minggu (10/12/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Partai Gerindra resmi menyerahkan rekomendasi dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa sebagai Calon Gubernur Jawa Timur (Cagub Jatim) 2024 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun depan.

Rekomendasi dukungan itu diserahkan langsung oleh Hashim Djojohadikusumo Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra kepada Khofifah, di Hotel DoubleTree Surabaya, Minggu (10/12/2023).

Sebelum menyerahkan rekomendasi, adik kandung Prabowo Subianto calon presiden nomor urut 2 itu mengaku sebagai salah satu pendukung Khofifah di Partai Gerindra.

“Saya sangat berbahagia Ibu Khofifah, karena saya kira bukan rahasia umum, sudah banyak yang tahu, saya salah satu fans ibu di Partai Gerindra,” ujarnya.

Hashim menganggap Khofifah telah sukses memimpin Provinsi Jatim sehingga layak untuk meneruskan jabatan gubernur untuk kedua kalinya.

“Kali ini Partai Gerindra ikut memberikan rekomendasi akan mendukung Ibu (Khofifah) untuk menjabat menjadi Gubernur Jatim untuk periode yang selanjutnya,” kata Hashim.

Pemberian rekomendasi Partai Gerinda ke Khofifah ini tidak muncul begitu saja. Hashim mengutarakan, dukungan ini berasal dari para kader Gerinda Jatim yang meminta kepada Prabowo ketua umum partai supaya segera mendeklarasikan dukungan ke Khofifah.

Dukungan Gerindra ini juga sekaligus menandakan pemberian restu Prabowo kepada Khofifah supaya maju menjadi Cagub 2024. Begitupun dukungan Khofifah kepada Prabowo-Gibran untuk memenangkan Pemilu 2024.

“Iya merestui. Itu salah satu faktor juga (Khofifah dukung Prabowo-Gibran). Saya kira kita harus akui, enggak ada masalah kan, beliau (Khofifah) dukung Prabowo, Prabowo dukung beliau (Khofifah) kan begitu,” tutur Hashim.

Kemudian waktu ditanya apakah calon pendamping Khofifah berasal dari Gerindra, Hashim belum mengungkapnya. Soal Cawagub Jatim, lanjut Hashim, akan ada konsolidasi lanjutan dan tergantung dari Khofifah.

“Ya nanti kita rembukan, nanti tergantung Ibu Khofifah nanti,” katanya.

Sementara itu Khofifah mengatakan dukungan rekomendasi dari Partai Gerindra ini akan menjadi tiket penting untuk maju sebagai Cagub Jatim 2024.

“Bahwa hari ini turun rekomendasi Gerindra untuk mencalonkan gubernur saya pada periode kedua nanti. Jadi itu bagian dari penguatan untuk bisa menjadi tiket berangkat,” ujar Khofifah.

Sebagai informasi, sudah ada dua partai yang resmi memberi surat rekomendasi dukungan kepada Khofifah, yakni Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sedangkan dua partai lain yang memberi dukungan secara lisan kepada Khofifah ada Partai Golkar dan Demokrat.

“Setelah PAN, secara lisan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) juga menyampaikan. InsyaAllah Demokrat juga akan mendukung. Jadi insyaAllah bismillah mohon doa dukungan semuanya InsyaAllah saya akan maju pada pilgub periode kedua nanti,” ungkap Khofifah. (wld/and/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
32o
Kurs