Minggu, 16 Juni 2024

Ketua DPR Berharap Peran Aktif Santri Menjaga Persatuan di Tahun Politik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia saat menghadiri Apel Hari Santri di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/2023). Foto: Dukut Suara Surabaya Puan Maharani Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia saat menghadiri Apel Hari Santri di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/2023). Foto: Dukut Suara Surabaya

Puan Maharani Ketua DPR RI, hari ini, Minggu (22/10/2023), menghadiri upacara peringatan Hari Santri Nasional 2023, yang berlangsung di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur.

Usai upacara yang dipimpin Joko Widodo Presiden, Puan menyampaikan harapannya supaya santri terus menjaga kerukunan dan persatuan nasional menjelang Pemilu 2024.

Menurutnya, di tahun politik, berbagai lapisan masyarakat sering berbeda pendapat dan pandangan. Kalau tidak dikelola dengan baik, perbedaan bisa memicu ketegangan dan konflik.

Maka dari itu, Ketua DPR RI berharap peran aktif santri yang memiliki pemahaman ilmu agama, etika, dan nilai-nilai kejujuran serta kebijaksanaan untuk mencegah perpecahan masyarakat.

“Pentingnya peran santri dalam menjaga persatuan nasional semakin dipahami oleh berbagai pihak. Terlebih santri memiliki peran yang efektif dalam mendukung stabilitas politik dan persatuan nasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Puan mengapresiasi Ikrar Santri yang dibacakan pada waktu upacara. Di situ, para santri menegaskan komitmennya untuk menjaga persatuan nasional.

Kemudian, mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu juga mendukung santri menghadirkan perubahan positif di Tanah Air.

Dengan bekal pendidikan karakter dan kebangsaan yang kuat, politikus PDI Perjuangan itu yakin semakin banyak santri yang menjadi pemimpin masa depan.

“Semoga tahun politik mendatang membawa kedamaian, kemajuan, dan keadilan bagi seluruh Rakyat Indonesia. Mari kita melaksanakan pesta demokrasi dengan semangat perdamaian,” katanya.

Sekadar informasi, Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober mulai tahun 2015, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015.

Tahun ini, Hari Santri mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negeri. (rid/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs