Sabtu, 20 April 2024

Ketua TKN Klaim Visi Misi Prabowo-Gibran Sejalan dengan Harapan Buruh

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang akan berkontestasi pada Pemilu 2024. Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI

Rosan Perkasa Roeslani Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengatakan, visi dan misi pasangan capres-cawapres nomor urut dua pada Pilpres 2024 sejalan dengan harapan para pekerja di seluruh penjuru Tanah Air.

Pernyataan itu disampaikan Rosan, Rabu (29/11/2023) malam, dalam konferensi pers usai Prabowo menerima kunjungan Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN), di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Ristadi Presiden KSPN beserta jajaran pengurus dan 10 federasi serikat pekerja, kata Rosan, bersilaturahmi sekaligus menyampaikan aspirasi kepada Prabowo.

“Mereka menyampaikan visi misi, dan gagasan yang dilontarkan Pak Prabowo sangat-sangat sejalan dengan KSPN. Mereka pun menyampaikan hal-hal yang merupakan inspirasi dan aspirasi dari KSPN ke Bapak Prabowo Subianto,” ujar Rosan.

Aspirasi yang disampaikan antara lain mengenai perlakukan tidak adil kepada kelompok buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di beberapa sektor.

Terkait itu, Presiden KSPN meminta supaya lapangan pekerjaan diperbanyak untuk merekrut korban PHK dan para pekerja angkatan baru.

Kemudian, Ristadi berharap Prabowo memberikan dana bantuan kepada korban PHK, terutama yang sudah memasuki usia lanjut.

Berikutnya, KSPN meminta Prabowo nantinya melakukan pemerataan upah minimum, khususnya di kabupaten/kota dalam satu provinsi.

Ristadi menilai, tingkat kebutuhan hidup di wilayah tidak jauh berbeda.

Dari sisi keselamatan kerja, KSPN berharap Prabowo-Gibran mendirikan rumah sakit pekerja buruh di daerah padat industri supaya korban kecelakaan kerja cepat mendapatkan penanganan medis.

Selanjutnya, Ristadi meminta Prabowo menyediakan skema rumah subsidi supaya para buruh mendapatkan kemudahan akses kepemilikan rumah.

Sesudah berdiskusi, KSPN menilai visi misi pasangan Prabowo-Gibran sejalan dengan apa yang diharapkan pekerja.

“Ada beberapa yang memang sudah direncanakan seperti rumah sakit, rumah subsidi, kemudian juga yang paling penting adalah penciptaan lapangan pekerjaan itu menjadi prioritas utama Prabowo,” tegasnya.

Menurut Rosan, Prabowo-Gibran berkomitmen sama-sama memperjuangkan hak-hak dasar buruh seperti sandang, pangan, papan, pendidikan, dan kesehatan.

Dengan pemenuhan hak dasar tersebut, diharapkan buruh hidup sejahtera.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs