Senin, 29 April 2024

Khofifah Lantik Komisi Informasi Jatim di Tengah Pesatnya Arus Informasi Tahun Politik

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim foto bersama lima anggota Komisi Informasi Jatim di Gedung Negara Grahadi usai pelantikan, Jumat (24/11/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim foto bersama lima anggota Komisi Informasi Jatim di Gedung Negara Grahadi usai pelantikan, Jumat (24/11/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur melantik Anggota Komisi Informasi Provinsi Jatim untuk masa jabatan 2023-2027, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (24/11/2023).

Pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 188/491/KPTS/013/2023 tentang Komisi Informasi Provinsi Jatim Tahun 2023-2027.

Ada lima orang yang dilantik Khofifah. Yakni Edi Purwanto, Elis Yusniyawati, A. Nur Aminuddin, M. Sholahuddin, dan Yunus Mansur Yasin.

Gubernur Jatim itu meminta para komisioner untuk langsung tancap gas. Sebab, mereka dilantik di tengah tahun politik yang mana arus informasi saat ini berkembang cepat dan pesat.

“Mereka masuk pada suasana yang memang sudah harus tancap gas. Bisa dibilang tidak ada warming up-nya. Tapi tentu saja bahwa kearifan demi kearifan harus terus dikomunikasikan,” katanya.

“Maka kearifan demi kearifan, klarifikasi demi klarifikasi, verifikasi demi verifikasi harus dilakukan secara lebih detail,” tambahnya.

Khofifah mengatakan, akan selalu ada kelompok orang yang tidak menyadari kesensitifan suatu isu dalam konten yang diunggah.

Oleh sebab itu dibutuhkan pengawasan sekaligus edukasi untuk mengontrol arus informasi supaya menghadirkan demokrasi dan kebebasan berpendapat yang berkualitas.

“Lalu lintas informasi hari ini pasti lebih crowded. Dari kontennya maupun dari substansi yang mungkin tidak berseiring dengan kredibilitas yang harus dijaga. Tapi tidak semua harus melibatkan APH (aparat penegak hukum),” katanya.

Mantan Menteri Sosial RI itu berharap bahwa setiap anggota yang dilantik hari ini dapat menjadi pendingin suasana.

“Harus ada penyejuk suasana karena komisioner ini masuk di situasi yang sudah panas,” katanya.(wld/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs