Rabu, 29 Mei 2024

KPU: Tema Debat Pilpres 2024 Tak Jauh dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mochammad Afifuddin Komisioner Komisi Pemilihan Umum. Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Mochammad Afifuddin Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut tema debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tidak berbeda jauh dengan yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan undang-undang.

“Yang pasti temanya tidak berubah, tidak berbeda jauh dengan yang ada dalam RPJMN dan juga yang ada di undang-undang itu. Tema-tema seputar demokrasi, penegakan hukum, dan seterusnya,” kata Afifuddin di GOR Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (26/11/2023).

Dia mengatakan bahwa saat ini KPU sedang menyelesaikan pembahasan tema dan hari pelaksanaan debat pilpres. Setelah itu, kata dia, KPU RI akan mengomunikasikan hasilnya termasuk lokasi debat dengan pihak-pihak terkait.

“KPU punya ide (tempat debat) tidak semua di Jakarta, tapi tentu kami harus menyampaikan dan mengomunikasikan ke para LO (liaison officer), para perwakilan calon presiden, calon wakil presiden terkait dengan rencana-rencana itu. Tidak sepihak intinya,” ujarnya.

Di sisi lain, Afifuddin memastikan bahwa salah satu dari lima lokasi debat akan dilaksanakan di Jakarta. Meski demikian, kata dia, lokasi debat di luar Jakarta akan mempertimbangkan beberapa hal.

“Tentu akan ada banyak pertimbangan kalau di luar Jakarta. Apakah pada mau? Bagaimana dengan nilai jual? Dan teman-teman wartawan harus kesana-sini,” kata Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI tersebut.

Sebelumnya KPU RI pada Senin 13 November 2023 lalu, telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant/bil)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs