Minggu, 28 April 2024

Kunjungi Rumah Kelahiran Bung Karno, Ganjar Ajak Warisi Api Perjuangan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana kedatangan Ganjar Pranowo bakal calon presiden dari PDIP di depan rumah kelahiran Bung Karno di Surabaya, pada Sabtu (6/5/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam safarinya ke Surabaya, Ganjar Pranowo bakal calon presiden dari PDIP selain menghadiri konsolidasi pemenangan untuk pemilu 2024, juga mengunjungi rumah kelahiran Bung Karno, Peneleh Kecamatan Genteng.

“Kita harus warisi api perjuangan Bung Karno untuk meneruskan kebaikan, untuk terus menghadirkan kerja kerakyatan yang konsisten dan tulus yang bisa membantu seluruh masyarakat Indonesia,” ucapnya, Sabtu (6/5/2023).

Pria yang juga Gubernur Jawa Tengah itu didampingi oleh komunitas sejarah Begandring untuk melihat isi rumah Bung Karno, sekaligus untuk menjelaskan riwayat rumah tersebut.

“Surabaya dan Jawa Timur adalah wilayah yang lekat dengan perjalanan hidup Bung Karno. Beliau lahir di Surabaya, sekolah di masa kecil sampai remaja di Surabaya, berdinamika dengan banyak tokoh pergerakan semasa indekos di rumah HOS Tjokroaminoto juga di Surabaya, beliau wafat lalu dimakamkan di Blitar. Maka Jawa Timur punya tempat yang spesial,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, ia menerima kendil dari warga dan mencuci muka dengan air yang diambil dari sumur jobong yang diperkirakan berusia 600 tahun, terletak di Kampung Pandean.

Ganjar Pranowo bakal calon presiden dari PDIP saat mencuci muka dengan air yang diambil dari sumur jobong, pada Sabtu (6/5/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Kuncarsono Prasetyo pegiat budaya dari Komunitas Sejarah Begandring Soerabaia mengungkapkan, prosesi pengambilan air dari sumur jobong tersebut telah dilakukan oleh warga dan komunitas pegiat budaya, pada Kamis (4/5/2023) lalu.

“Penyerahan kendil sekaligus sebagai simbol peneguhan spirit kebangsaan Indonesia,” ungkapnya.

Sebagai diketahui, selain mengunjungi rumah kelahiran Bung Karno, Ganjar juga berkunjung ke posko pemenangan di Jalan Pandegiling, ke Balai Pemuda dan Balai Kota.

Sedangkan, rencana awal yang sebelumnya akan mengunjunginya rumah HOS Cokroaminoto, batal dilaksanakan karena waktu yang tidak memungkinkan. (ris/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs