Minggu, 12 Mei 2024

Mahfud Tapak Tilas Ponpes yang Pernah Disinggahi Gus Dur

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mahfud MD Cawapres nomor urut 3 saat berkunjung ke Pondok Pesantren Sirnamiskin, Bandung, Sabtu (16/12/2023). Foto : istimewa

Mahfud MD Calon wakil presiden nomor urut 3 dalam dua hari ini “menggempur” wilayah Jawa Barat.

Setelah ke Garut, Tasik, dan Ciamis, Sabtu (16/12/2023) Mahfud melanjutkan kunjungannya ke Bandung.

Tujuan pertama pertama yang dikunjungi adalah Pondok Pesantren Sirnamiskin. Mahfud yang datang pukul 08.15 WIB, langsung disambut KH. Achmad Syaiful Rizal pengasuh Ponpes dan KH Ateng Muhaimin Rais Syuriah PCNU Kota Bandung. Mahfud dikalungi kain bernuansa putih dengan corak batik berwarna merah oleh Achmad Syaiful.

Mengenakan batik warna merah, kedatangan Mahfud disambut dengan lantunan selawat dari para santri.

Rupanya Mahfud punya alasan khusus mengunjungi ponpes Sirnamiskin ini. Kata dia, ponpes ini menjadi salah satu saksi sejarah perjalanan para kiai Nahdlatul Ulama (NU).

KH Hasyim dan KH. Ahmad Dimyati menjadi pendorong pendirian pesantren ini. Selain itu, KH. Wahid Hasyim juga kerap ke sini. Pun Gus Dur, waktu kecilnya juga pernah di sini.

“KH. Syaiful Rizal juga teman saya,” ujar Mahfud di Ponpes Sirnamiskin, Bandung.

Pesantren ini, kata Mahfud, kerap menjadi tuan rumah jika NU punya tamu-tamu penting. Tak hanya itu, pesantren ini juga dekat dengan Gus Dur.

“Jadi kami ini semacam tapak tilas pesantren yang dekat dengan Gus Dur. Apalagi hari ini (Sabtu) haul Gus Dur, sedang haul Gus Dur,” kata Menko Polhukam ini.

Mahfud memiliki harapan besar kepada setiap santri-santri di tiap ponpes. Menurut dia, santri memiliki syariah yang penuh dengan kedamaian untuk membangun negara.

“Saya berharap dari pesantren akan lahir kader bangsa yang demokratis dan berwawasan syariah yang penuh kedamaian, kerukunan dan persaudaraan,” kata dia. (faz/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
26o
Kurs