Sabtu, 4 Mei 2024

Mega Perkenalkan Salam Pancasila di Pembukaan HUT ke-50 PDIP

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDIP saat pidato pembukaan HUT ke-50 PDIP, Selasa (10/1/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) mengenalkan salam baru untuk diikuti oleh seluruh kadernya.

Salam itu dikenalkan Megawati dalam pembukaan sambutannya pada acara HUT Ke-50 PDIP di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (10/1/2023).

Awalnya, Megawati menyampaikan dirinya mendapat tugas dari Joko Widodo (Jokowi) Presiden untuk memimpin dua badan, di mana salah satunya sangat penting.

Presiden Kelima RI itu menerangkan dirinya diminta untuk menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Oleh karena itu, salam baru ini, menurut Megawati, sangat penting.

“Saya minta semua berdiri, saya ajari ada salam baru, selain Merdeka, Merdeka, Merdeka. Jadi, bagi mereka yang PDI Perjuangan saya minta untuk berdiri,” kata Megawati.

Dalam acara itu, hadir juga sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju, yakni Mahfud MD Menko Polhukam, Muhadjir Effendy Menko PMK, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, Hadi Tjahjanto Menteri ATR/BPN, dan Basuki Hadimuljono Menteri PUPR.

Putri Bung Karno Proklamator RI itu lalu berkelakar mengenai kader PDIP yang harus berdiri.

“Kalau merasa tamu, tak usah berdiri, tetapi kalau sudah bounding sama PDI Perjuangan… Tahu, lho, yang mau masuk PDI Perjuangan sekarang seabrek-abrek,” kata Megawati disambut tawa dan tepuk tangan para kadernya.

Megawati lalu mendiktekan salam Pancasila. Dia meminta kadernya itu ketika ia mengucapkan Salam Pancasila, maka yang lainnya menyambut dengan teriakan Merdeka sebanyak tiga kali.

“Salam Pancasila,” kata Megawati.

“Merdeka, Merdeka, Merdeka,” teriak para kader PDIP menyambut.(faz/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs