Sabtu, 4 Mei 2024

Mendagri Imbau Semua Pihak Ciptakan Suasana Damai di Pemilu 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri. Foto: Puspen Kemendagri

Muhammad Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengimbau kepada segenap bangsa Indonesia bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang damai adalah tanggung jawab bersama seluruh pihak.

Tito membagi seluruh pihak itu ke dalam lima elemen, yaitu penyelenggara pemilu, peserta pemilu, media, masyarakat dan tokoh masyarakat, serta aparat keamanan.

“Ada sejumlah elemen yang simultan bergerak sama-sama bertanggung jawab menghadirkan Pemilu 2024 yang damai. Satu adalah penyelenggara pemilu, yaitu KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan jajaran, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) dan jajaran, termasuk Pemerintah juga mendukung anggaran dan lain-lain,” ungkap Tito dilansir Antara pada Kamis (20/7/2023).

Terkait dengan elemen kedua yaitu peserta pemilu, Tito menegaskan untuk menghadirkan Pemilu 2024 yang damai, para peserta pemilu harus siap kalah atau menang.

Untuk elemen ketiga, media berperan krusial dalam memengaruhi publik untuk menjaga pemilu yang damai. Elemen keempat menurut Tito adalah partisipasi yang aktif dalam Pemilu 2024 akan mengesahkan legitimasi yang kuat dari masyarakat.

“Kemudian yang berikutnya (elemen kelima) adalah aparat keamanan untuk menjaga situasi keamanan agar tetap terjaga baik. Jadi, orkestrasi semua pihak,” ujar Tito. (ant/bnt/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs