Sabtu, 4 Mei 2024

Mendes PDTT Jelaskan Maksud Cak Imin Bangun 40 Kota Selevel Jakarta

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) sekaligus Dewan Pengarah Utama Tim Pemenangan Provinsi (Timprov) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar(AMIN) Jawa Timur dan kakak kandung Cak Imin, Jumat (22/12/2023). Foto: istimewa Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) sekaligus Dewan Pengarah Utama Tim Pemenangan Provinsi (Timprov) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar(AMIN) Jawa Timur dan kakak kandung Cak Imin, Jumat (22/12/2023). Foto: istimewa

Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) mendukung program Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, calon wakil presiden (cawapres) saat debat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jumat (22/12/2023) malam.

Gus Halim yang juga Dewan Pengarah Utama Tim Pemenangan Provinsi (Timprov) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar(AMIN) Jawa Timur menyebut, pembangunan 40 kota selevel Jakarta yang dimaksud Can Imin untuk pemerataan pembangunan.

“40 kota setara dengan Jakarta, ya itu kan obsesi, tapi kan begini supaya kota besar di Indonesia itu tidak hanya Jakarta, Surabaya, Semarang, selama ini kan Jakarta Surabaya, Semarang, Bandung, Medan, kemudian Aceh , Palembang, Makasar,” kata Gus Halim, Kantor DPW PKB Jatim, Sabtu (23/12/2023).

Menurutnya, Cak Imin bukan berencana membuat Jakarta baru, karena setiap daerah memiliki kondisi dan karakteristik berbeda.

“Bukan bikin Jakarta di tempat lain, Itu pasti tidak mungkin karena kondisi sosial dan kultur penduduknya juga berbeda, lahannya berbeda,” jelas kakak kandung Cak Imin itu.

Gus Halim juga menilai, performa Cak Imin dalam debat semalam mampu tampil santai dan mengimbangi dua kandidat lain Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

“Penampilan debat untuk Cak Imin seimbang, rata-rata nilainya 75,” kata dia.

“Kalau nilai tambah soal penampilan Cak Imin nanti orang saja yang harus menilai,” imbuhnya.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 ingin membangun 40 kota se-level Jakarta jika terpilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurut Cak Imin, pembangunan perkotaan harus dibikin merata di berbagai tempat di Indonesia. Pernyataan itupun menuai respons dari dua kandidat lain.

“Kami memiliki tekad minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel Jakarta dengan kemampuan menampung jumlah penduduk, dan kemampuan terjaganya lingkungan untuk sehat, termasuk kehidupan yang beri kenyamanan bagi seluruh penduduk,” papar pasangan Anies Baswedan itu debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023) malam, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs