Minggu, 5 Mei 2024

Gibran Sentil Cak Imin: Mau Bangun Kota Selevel Jakarta, tapi Tidak Setuju IKN

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Gibran Rakabuming Raka, Cawapres nomor urut 2 dalam debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU

Gibran Raka Bumingraka calon wakil presiden nomor urut 2 menyentil program pembangunan kota selevel jakarta yang diutarakan Muhaimim Iskandar (Cak Imin) cawapres nomor urut 1 pada debat cawapres di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Jumat (22/12/2023).

Mulanya Cak Imin menyebut bakal membangun 40 kota se-level Jakarta jika terpilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menurutnya pembangunan perkotaan harus merata.

“Kami memiliki tekad minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel Jakarta dengan kemampuan menampung jumlah penduduk, dan kemampuan terjaganya lingkungan untuk sehat, termasuk kehidupan yang beri kenyamanan bagi seluruh penduduk,” kata Cak Imin.

Pernyataan Cak Imin itu pun langsung disindir oleh Gibran. Wali Kota Solo itu heran dengan sikap Cak Imin yang menolak IKN namun ingin menciptakan 40 kota se-level Jakarta.

“Gus Muhaimin ini agak aneh ya pingin bangun kota selevel Jakarta tapi nggak setuju sama IKN. Tapi monggo lah ya gak papa,” kata Gibran.

Usai menyindir Cak Imin, Gibran mengutarakan pendapat tentang masalah pembangunan kota di Indonesia. Menurutnya yang terpenting dari pembangunan sebuah kota adalah akses transportasi.

“Yang terpenting untuk membangun perkotaan kita harus membutuhkan trasnpportasi umum yang nyaman, aman terutamna untuk kaum disabilitas, lansia dan anak,” kata Gibran.

“lalu kita pastikn tatrasnpportasi umum ada digitalisasinya, sekarang kan ada Teman Bus nah itu bisa direplikasi di beberapa kota-kota lainnya,” imbuh Gibran.

Kemudian untuk permasalahan kota kumuh, Gibran menyebut harus ada kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menguranginya.

“lalu untuk masalaht kumuh, nah ini perlu kolaborasi BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) dari PUPR, dari Pemda, dan CSR dari swasta,” tutup Gibran.(wld/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs