Jumat, 10 Mei 2024

Cak Imin Mau Bangun 40 Kota Selevel Jakarta

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Muhaimin Iskandar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 dalam debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU

Muhaimin Iskandar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 ingin membangun 40 kota se-level Jakarta jika terpilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Menurut pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut, pembangunan perkotaan harus dibikin merata di berbagai tempat di Indonesia.

“Kami memiliki tekad minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel Jakarta dengan kemampuan menampung jumlah penduduk, dan kemampuan terjaganya lingkungan untuk sehat, termasuk kehidupan yang beri kenyamanan bagi seluruh penduduk,” papar pasangan Anies Baswedan itu debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023) malam di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Pernyataan Cak Imin langsung direspons oleh Gibran Rakabuming Raka cawapres nomor urut 2. Ia heran dengan sikap Cak Imin yang menolak IKN namun ingin menciptakan 40 kota se-level Jakarta.

“Gus Muhaimin ini agak aneh, ingin membangun kota selevel jakarta tapi tidak setuju dengan IKN,” ujar Gibran.

Tak hanya Gibran, Mahfud MD cawapres nomor urut 3 juga geleng-geleng kepala. Ia mempertanyakan apakah rencana itu bisa direalisasikan dalam lima tahun kepemimpinan.

Mahfud mempertanyakan bagaimana pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar membiayai ke-40 kota itu.

“Apa itu bisa dilaksanakan lima tahun bapak jadi presiden dan wakil presiden. Berapa kota yang dibangun dalam lima tahun? Ini IKN saja sudah puluhan tahun baru dilaksanakan, itu pun yang investasi baru dalam bentuk janji, belum ada yang melaksanakan,” ujar Mahfud.

Sementara itu, debat perdana cawapres Pemilu 2024 berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Jumat (22/12/2023) mulai pukul 19.00 WIB. Debat kali ini merupakan debat perdana bagi cawapres.

Tema debat cawapres kali ini adalah ekonomi, yang menyangkut ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital; keuangan; investasi pajak; perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD; infrastruktur; dan perkotaan. (saf/iss)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs