Senin, 20 Mei 2024

Prabowo Dipastikan Hadiri Peringatan Harlah ke-25 PKB di Solo

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra (kanan) saat melangsungkan pertemuan tertutup dengan Muhaimin Iskandar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (kiri), Jakarta, Minggu (9/7/2023). Foto: Dok/ Tim Media Prabowo

Ahmad Muzani Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra mengatakan Prabowo Subianto Ketua Umumnya akan menghadiri acara Peringatan Hari Lahir Partai Kebangkitan Bangsa (Harlah PKB) di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/7/2023) hari ini.

“Insya Allah datang, sekarang sedang menuju ke sana,” kata Muzani usai menghadiri acara Konsolidasi Pengurus Gerindra Jakarta Selatan di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan, Minggu seperti dikutip Antara.

Saat ditanya soal agenda dalam Harlah PKB, Muzani hanya mengatakan kedatangan Prabowo hanya ikut merayakan.

“Agendanya adalah mengayugabyo (berbahagia) hari ulang tahun ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa ya ikut bergembira, merasakan kebersamaan bersama PKB,” ujarnya.

Namun, dia tak memberi jawaban pasti saat ditanya apakah dalam acara tersebut Prabowo akan memastikan berduet dengan Muhaimin Iskandar Ketum PKB dalam Pilpres 2024.

“Memastikan Pak Prabowo duduk bersama Pak Muhaimin,” kata dia.

Selain Prabowo, Joko Widodo Presiden juga dijadwalkan membuka puncak Harlah ke-25 PKB. Sejumlah elit politik nasional, Menteri Kabinet Indoneisa Maju, Gubernur Jateng sendiri, beserta Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Solo sebagai tuan rumah.

Puluhan ribu kader PKB dari berbagai daerah di Indonesia juga akan menghadiri acara tasyakuran puncak Hari Lahir Harlah ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

“Harlah PKB merupakan momentum penting karena antusias kader partai dipastikan akan tinggi untuk turut serta mengikuti seluruh rangkaian acara yang diperkirakan bakal dihadiri sebanyak 53 ribu kader termasuk 30 ribu asal Jawa Tengah,” kata KH. Yusuf Chudlory Ketua Panitia Harlah Ke-25 PKB , dalam Konferensi Pers di Solo, Sabtu (22/7/2023) kemarin.

Dia menyampaikan pihaknya memilih Solo karena di bawah kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka, perkembangannya cukup pesat. Banyak destinasi wisata yang lama sudah diperbarui dan menarik teman-teman PKB dari daerah-daerah untuk berkunjung ke kota itu.

Dengan alasan tersebut, kata dia, Solo menarik minat masyarakat daerah lain untuk hadir. Selain itu, banyak eksekutif PKB, serta para bupati  yang bisa belajar di daerah ini.

Adapun Harlah ke-25 PKB punya rangkaian kegiatan seperti tasyakuran, istigasah, dan selawat. Selain itu, juga pidato politik oleh Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin selaku Ketua Umum PKB.

Cucun A. Syamsurijal Ketua Fraksi PKB DPR RI selaku panitia pusat mengatakan, Cak Imin akan menyampaikan pidato politik yang berisi tentang aksi melayani Indonesia oleh PKB selama 25 tahun terakhir.

Menurut dia, perayaan Harlah PKB tahun ini cukup istimewa, karena partai yang dibidani para kiai tersebut genap berusia seperempat abad. Usia 25 tahun dinilai sebagai usia yang cukup matang untuk menggapai babak baru dalam mengabdi untuk umat dan bangsa.

“Selama 25 tahun terakhir PKB cukup mewarnai perjalanan Indonesia sebagai bangsa. Banyak jejak perjuangan PKB yang melahirkan hal monumental seperti menginisiasi alokasi 20 persen APBN untuk pendidikan menjadi bagian dari konstitusi, menginisiasi Undang-Undang Pesantren, hingga mengawal lahirnya kebijakan dana abadi untuk pesantren,” katanya. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs