Jumat, 19 April 2024

Prabowo Kunjungi UEA, Hadiri Undangan Presiden MBZ

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Prabowo Menteri Pertahanan RI bersama Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) Presiden Uni Emirat Arab saat kunjungan ke Abu Dhabi, Kamis, (23/2/2023). Foto: Tim Media Prabowo Subianto

Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI melaksanakan kunjungan ke Uni Emirat Arab (UEA) atas undangan dari Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) Presiden UEA di Majelis, Abu Dhabi, Kamis (23/2/2023).

Pada kesempatan ini, Presiden MBZ didampingi HRH Salman bin Hamad Al Khalifa Perdana Menteri dan Putra Mahkota Bahrain.

Kunjungan ini terkait dengan kerja sama Indonesia dengan UEA dalam bidang industri pertahanan.

“Kerja sama di bidang pertahanan, khususnya industri pertahanan sangat penting bagi kedua negara, terutama untuk pengembangan industri pertahanan di masa depan,” ujar Prabowo.

Kerja sama pertahanan antara Indonesia dan UEA saat ini terjalin sangat erat di bawah Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada 24 Februari 2020 di Abu Dhabi.

Menteri Pertahanan kedua negara pada 30 Juni 2022 lalu juga telah menandatangani protokol kerja sama pengembangan industri pertahanan antara Indonesia dan UEA di Kementerian Pertahanan UEA.

Protokol kerja sama ini bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan kerja sama bilateral di bidang industri pertahanan antara kedua belah pihak, serta perencanaan dan pengembangan kemampuan industri yang saling menguntungkan.

Sebelumnya, pada Juli 2022, Prabowo mengunjungi UEA untuk mendampingi Joko Widodo Presiden RI bertemu Presiden MBZ dan pada Juni 2022 juga sempat berkunjung ke Zayed Military University di Abu Dhabi.

Perlu diketahui, saat ini, Indonesia berpartisipasi dalam pameran International Defence Exhibition and Conference (IDEX) 2023 di Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC), Uni Emirat Arab, yang berlangsung pada 20-24 Februari 2023.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Kementerian Pertahanan RI membawa 12 industri pertahanan Tanah Air.

Industri pertahanan yang turut berpartisipasi dalam pameran tersebut adalah PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad, PT PAL Indonesia, PT Len Industri, PT Ridho Agung Mitra Abadi, dan PT Jala Berikat Nusantara Perkasa.

Lalu dihadiri juga PT Falah Inovasi Teknologi, PT Fazza Royal Yantasir Simulasi, PT Persada Aman Sentosa, PT Indo Pacific Communication & Defense, PT Sentra Surya Ekajaya, dan PT Infoglobal.

Selain untuk mengenalkan produk-produk Industri Pertahanan Indonesia kepada dunia, keikutsertaan Indonesia dalam IDEX 2023 juga bertujuan untuk meningkatkan networking dan mencari peluang kerja sama dengan industri pertahan luar negeri.(ihz/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs