Minggu, 3 Maret 2024

Rumah Sakit di Bandung Siapkan 10 Ruang Khusus Caleg Gagal Pemilu 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Grafis suarasurabaya.net

RSUD Oto Iskandar Dinata, Kabupaten Bandung, Jawa Barat menyiapkan sepuluh ruangan khusus bagi calon anggota legislatif (caleg) yang kejiwaannya terganggu akibat gagal pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kalau setiap ada kegiatan Pemilu, kita selalu menyiapkan ruangan dan tempat pemeriksaan untuk caleg-caleg yang mengalami stres setelah Pemilu, terutama bagi caleg-caleg yang kalah,” kata dr. Marsudi, Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RSUD Otista Kabupaten Bandung di Kabupaten Bandung, Senin (27/11/2023).

Dilansir dari Antara, ruang khusus isolasi ini untuk memberikan pelayanan kepada caleg mengidap depresi atau gangguan jiwa usai menerima bahwa dirinya tidak terpilih menjadi anggota legislatif pada Pemilu 2024.

Marsudi menyebut, pada Pemilu 2024 ini pihaknya telah menyiapkan sepuluh ruangan dan telah bertambah dari pemilu sebelumnya yang hanya disiapkan lima ruangan khusus.

“Ini sebagai langkah untuk mengantisipasi siapa tahu ada caleg yang mengalami gangguan jiwa. Karena di pemilihan umum saat ini, sepertinya pesertanya lebih banyak dari pemilu sebelumnya,” kata dia.

Selain itu, kata dia, pihak rumah sakit juga akan merahasiakan identitas caleg gagal yang mengalami gangguan kejiwaan saat menjalani perawatan di RSUD Otista Kabupaten Bandung.

Lebih lanjut, Marsudi mengatakan pihaknya pun telah memberikan sosialisasi sebelum para caleg mendaftar guna mempersiapkan kejiwaan apabila gagal dalam pemilihan legislatif tersebut.

“Kita telah memberikan saran-saran supaya mereka jangan sampai nanti setelah pemilu mengalami gangguan. Misalnya harus banyak rileks, olahraga,jangan tegang-tegang dan harus banyak bersosialisasi juga,” kata Marsudi.(ant/mel/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
29o
Kurs