Kamis, 2 Mei 2024

Silaturahmi ke Ponpes Salafiyah Syafi’iyah, Mahfud hanya Minta Doa

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mahfud MD calon wakil presiden nomor urut 3 saat berkunjung ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah, Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (3/12/2023). Foto : istimewa

Hari keenam kampanye, Mahfud MD calon wakil presiden nomor urut 3 berkunjung ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Minggu (3/12/2023).

Sebelum bertemu dengan pengasuh pondok, Mahfud menyempatkan diri ziarah ke makam K.H.R. As’ad Syamsul Arifin pahlawan nasional yang juga pendiri Ponpes Salafiyah Syafi’iyah yang berada di kompleks Ponpes Salafiyah Syafi’iyah.

Di Ponpes Salafiyah Syafi’iyah, Mahfud disambut Afifuddin Muhajir wakil pengasuh ponpes Kiai Haji.

Para kiai, kata Mahfud, memiliki pandangan politik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa menyimpulkan bahwa dukungan secara penuh terhadap satu pasangan calon tertentu.

“Kami tidak bicara dukungan karena kiai-kiai sudah punya sikap politik masing-masing dan otonom. Saya minta doa saja,” kata Menko Polhukam itu.

Mahfud menilai, para kiai saat ini sudah cerdas untuk menentukan pilihan dan sikap politik. Namun demikian, ia berharap dan terpenting bagaimana rakyat dan santri tidak menjadi korban karena perbedaan politik.

“Sejauh ini saya berkunjung ke kiai-kiai, mungkin ada banyak alternatif tawaran dari luar, ya kiai bisa memutuskan sendiri. Tapi, silaturahmi tetap jalan. Dua hari ini silaturahmi ke kiai-kiai di Jatim, kemarin di Trenggalek,” kata Mahfud.

Dalam jadwal yang dirilis Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, selain silaturahmi ke Ponpes Salafiyah Syafi’iyah, Mahfud juga dijadwalkan bertemu dengan pengasuh pesantren di seluruh Probolinggo dan Pasuruan, di Ponpes Nurul Jadid Paiton.

Malam harinya, pukul 20.00 WIB, Mahfud dijadwalkan berada di Bondowoso, untuk menghadiri selawatan dan doa bersama di lapangan Victory. (faz/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs