Minggu, 21 April 2024

Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul dari Ganjar-Mahfud di Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Baihaki Sirajt Direktur ARCI waktu merisi hasil survei elektabilitas tiga bacapres dan bacawapres di lingkup Provinsi Jatim, Rabu (1/11/2023). Foto: Istimewa

Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas terbaru di Jawa Timur (Jatim), setelah tiga bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) melakukan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Hasilnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka selaku bacapres dan bacawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), teratas dengan elektabilitas sebesar 40,1 persen.

Kemudian, disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 35,9 persen, dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 22,2 persen.

Baihaki Sirajt Direktur ARCI menyebut, bergabungnya Gibran membuat Prabowo mendapat limpahan suara loyalis Jokowi di Jatim. Kata dia, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pilpres di 2014 dan 2019.

“Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo,” jelasnya, Rabu (1/11/2023).

Baihaki juga menyebut faktor Prabowo-Gibran unggul di Jatim daripada Ganjar-Mahfud karena adanya migrasi pendukung PDIP yang awalnya memilih Ganjar Pranowo, kini beralih ke Prabowo.

“Pemilih PDIP, terutama di basis mataraman yang awalnya memilih capresnya Ganjar, kini beralih ke Prabowo karena faktor Gibran,” kata Baihaki.

“Selama ini Prabowo lemah di mataraman. Begitu ada Gibran, bisa mengangkat suara Prabowo di basis-basis PDIP di mataraman,” tambahnya.

Kemudian, Baihaki menyatakan sebanyak 33,7 persen pemilih PDIP memilih Prabowo-Gibran. Sementara 66,3 persen memilih Ganjar-Mahfud. Sedangkan tidak ada pemilih PDIP yang ke Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Faktor Gibran dan Jokowi memengaruhi pemilih PDIP di Jatim beralih dari Ganjar ke Prabowo. Jadi mereka kalau partai tetap memilih PDIP, tapi capresnya Prabowo,” jelasnya.

Baihaki menuturkan, survei ARCI ini dilakukan waktu bacapres mendaftar ke KPU dan ketika Gibran diumumkan sebagai bacawapres oleh Prabowo Subianto. Yang dilakukan pada 22-27 Oktober 2023.

Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Berikut hasil lengkap elektabilitas bacapres-bacawapres di Jatim versi ARCI:

1. Prabowo-Gibran 40,1 persen
2. Ganjar-Mahfud 35,9 persen
3. Anies-Muhaimin 22,2 persen

Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8 persen. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
29o
Kurs