Jumat, 19 April 2024

Viral Video Candaan Zulhas, Ketum Pergunu Tepis Tuduhan Penistaan Agama

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
K.H. Asep Syaifuddin Chalim Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Ketum Pergunu). Foto: Antara/ Pergunu

KH. Asep Syaifuddin Chalim Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Ketum Pergunu) menepis tuduhan penistaan agama kepada Zulkifli Hasan Ketum Partai Amanat Nasional (PAN).

Menurut Asep, Menteri Perdagangan itu merupakan tokoh dengan latar belakang Muslim yang taat. Asep mengaku tahu komitmen Zulhas sapaan akrabnya dalam keberpihakannya terhadap Islam.

“Saya tahu bagaimana komitmen Pak Zulkifli Hasan dalam keberpihakannya terhadap agama Islam,” ujar Asep dalam keterangan tertulis, Minggu (24/12/2023) yang dikutip Antara.

Zulhas, kata Asep, merupakan salah satu tokoh Islam yang konsisten dalam merajut persatuan umat beragama di Indonesia. Sebab itu, dia yakin Zulhas tidak mungkin melecehkan agama atau mahzab.

Asep meminta semua pihak tidak membuat kekacauan atas viralnya video pernyataan Zulhas beberapa waktu lalu. Dia berharap masyarakat selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan umat dan bangsa.

“Semua orang harus bisa mengedepankan sikap membuka ruang untuk saling tabayun, klarifikasi, dan memaafkan. Lebih baik kita semua saling memaafkan,” kata dia.

Demikian terkait potongan video Zulhas yang banyak diperbincangkan, Asep mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi.

“Saya yakin Zulhas bertujuan untuk mengingatkan semua pihak bahwa jangan karena fanatisme dalam pemilu sehingga memecah belah umat,” ujarnya.

Ketua Pergunu Jatim itu mengajak seluruh umat Islam saling menjaga diri dan mengingatkan, agar tidak menjadikan agama sebagai isu politik dan mengekspolitasinya untuk menyerang atau menjatuhkan pihak tertentu.

Sebelumnya, Zulhas menyampaikan kelakar soal perubahan masyarakat saat shalat, yakni dengan tidak mengucapkan “amin” setelah membaca Surat Al-Fatihah dan mengacungkan dua jari ketika tahiyatul akhir.

Pernyataan itu disampaikan Zulhas saat memberikan sambutan di acara Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Selasa (19/12/2023).

Zulhas kemudian ramai dibicarakan di media sosial, kata kunci untuk pencarian “Zulhas” di X bahkan mencapai 29,4 ribu unggahan hingga, Rabu (20/12/2023) sore.(ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs