Minggu, 25 Februari 2024

Warga Sampaikan Terima Kasih soal UU Keistimewaan Yogyakarta, Ganjar: Semua Berjasa

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo Capres bersama warga di Dusun Njimatan, Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Lendah, Kabuoaten Kulonprogo, Provinsi DIY, Rabu (15/11/2023). Foto: istimewa

Warga Yogyakarta menyampaikan terima kasih kepada Ganjar Pranowo Calon Presiden sebagai sosok yang berada dalam garda terdepan dalam mempertahankan keistimewaan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Merespon hal tersebut, Ganjar menyatakan bahwa semua pihak telah berjasa dalam hal tersebut, meskipun terjadi pro kontra pada saat itu.

“Dan saya senang kawan-kawan juga bangga tentu bukan karya saya saja, itu karya dari pemerintah yang mewakili pemerintah dan dari fraksi-fraksi yang waktu itu menyetujui,” kata Ganjar saat bersilaturahmi dengan warga di Dusun Njimatan, Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi DIY, Rabu (15/11/2023).

“Memang ada yang tidak setuju, tapi Alhamdulillah, akhirnya keistimewaan terwujud. Itulah tugas saya yang diberikan kepada kami semuanya untuk menyelesaikan,” lanjut Ganjar.

Ganjar yang kala itu sebagai pimpinan Komisi II DPR RI menjadi garda terdepan dalam mempertahankan Yogyakarta sebagai daerah istimewa. Ganjar juga yang punya andil besar sehingga terlahirlah Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012.

Undang-Undang ini menegaskan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai provinsi yang mempunyai keistimewaan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Warga Yogyakarta mempertahankan keistimewaan Yogyakarta ditempuh melalui dua jalur, yakni jalur diplomasi dan jalur gerakan kerakyatan. Kala itu, Ganjar memperjuangkan keistimewaan Yogyakarta melalui jalur diplomasi dalam kapasitasnya sebagai wakil rakyat.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
28o
Kurs