Selasa, 30 April 2024

582 ODGJ hingga Orang Terlantar di Liponsos Keputih Surabaya Bakal Gunakan Hak Pilih

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
TPS khusus Liponsos Keputih Surabaya dihias meriah guna menyambut ratusan ODGJ yang menggunakan hak pilihnya, Rabu (14/2/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ratusan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) hingga orang terlantar binaan Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Surabaya, akan menggunakan hak pilihnya pada Rabu (14/2/2024) hari ini.

Anna Fajriatin Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya menyebut, untuk menyemarakkan pesta demokrasi di Liponsos, petugas sengaja menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) bertema TPS Penuh Cinta lengkap dengan balon bentuk hati.

Total ada 582 penghuni yang memenuhi syarat memilih dari total sekitar 700 orang. Mereka akan nyoblos di dua TPS, khusus dan reguler.

“TPS khusus untuk KTP Surabaga yang tinggal di kampung sini. TPS reguler untuk KTP di sini. Kan ada warga KTP di sini. Penghuni Liponsos yang tinggal di sini, ada 582 dan total 700-an. Campur dengan orang terlantar yang ada di Keputih,” kata Anna pada Rabu hari ini.

Anna menyebut, ODGJ yang diperbolehkan menyoblos adalah yang sudah sesuai kualifikasi tidak terlalu parah.

“Mereka yang sudah bisa teratur dan tidak membahayakan. Sosialisasi dan debat diikutkan,” terangnya.

Pencoblosan dilakukan seperti TPS lain mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. Namun, para ODGJ akan dipastikan dalam kondisi sehat sudah makan dan minum obat terlebih dulu.

“Mereka harus dalam kondisi sehat, artinya sudah makan pagi, minum obat, intinya kondisinya sehat dan tidak membahayakan orang lain,” jelasnya.

“(Para penghuni) tidak dibantu (menyoblos), kalau kita mengaturnya dari barak, kemudian menunggu giliran di ruang tunggu, nanti mengalir, jadi tidak dikeluarkan semua,” tambahnya.

TPS sengaja dibuat unik sebagai bentuk menghargai para penghuni yang sudah menyalurkan hak pilihnya.

“Insyaallah ada kostum khusus. Nanti setelah nyoblos dapat kue, snack, minuman untuk perempuan, laki-laki dapat rokok karena kegemarannya,” tandasnya. (lta/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs