Senin, 6 Mei 2024

Anies Singgung Alutsista Bekas, Food Estate, hingga Tanah Milik Prabowo

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Anies Rasyid Baswedan calon presiden nomor urut 1 saat menjawab pertanyaan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU RI.

Anies Baswedan calon presiden (capres) nomor urut 1 menyinggung tentang laman resmi Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang sempat diretas oleh hacker pada tahun lalu.

Hal itu disampaikan Anies ketika memaparkan visi dan misi dalam debat ketiga Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 atau debat kedua capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

“Kami akan mengembalikan posisi Indonesia ke dalam pelaku utama konstelasi global. Tidak hanya jadi penonton, tapi jadi pelaku untuk global dan regional,” kata Anies.

Anies menegaskan bahwa kekuatan Indonesia harus ikut mewarnai kancah dunia. Mulai dari bidang seni, film, hingga kuliner. Ia juga menginginkan diaspora dan diplomat untuk hadir ikut merwarnai kancah dunia.

“Dengan catatan seperti itu, apa apa yang kita kerjakan di level dunia membuat Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan tamu yang memesona di negeri orang,” ujarnya.

Selain itu, Anies menyoroti berbagai hal yang terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Mulai dari pandemi Covid-19, cyber attack, perdagangan anak dan perempuan, narkoba, pencurian ikan, hingga pencurian pasir.

“Ironisnya Kementerian Pertahanan menjadi kementerian yang dibobol oleh hacker pada 2023,” kata Anies.

Anies juga ingin Rp700 triliun anggaran Kementerian Pertahanan bisa dimaksimalkan. Bukan sekadar membeli alat-alat alutsista bekas.

“Justru digunakan untuk membeli alat-alat alutsista yang bekas, di saat tentara kita lebih dari separuh tidak memiliki rumah dinas, sementara menterinya punya lebih dari 340 ribu hektar tanah di republik ini,” terang Anies.

Anies juga menyinggung program food estate singkong. Anies menilai Indonesia butuh perubahan karena program itu hanya merusak lingkungan dan tidak menguntungkan. “Ini harus diubah,” terangnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain itu, KPU melaksanakan lima debat peserta Pilpres 2024 yang dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Tema debat Pilpres kali ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Debat Pilpres ketiga ini dipandu oleh dua moderator, yakni Ariyo Ardi pemred Global TV dan Anisha Dasuki presenter iNews. Terdapat 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para capres.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs