Minggu, 5 Mei 2024

Cek Fakta: Benarkah 13 Ribu Desa Sudah Maju dan Mandiri?

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Muhaimin Iskandar calon wakil presiden RI nomor urut 1 dalam debat keempat pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Foto: Tangkapan Layar YouTube KPU RI.

Muhaimin Iskandar Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 pada debat keempat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Minggu (21/1/2024) mengatakan, sudah 13.000 desa sudah maju dan mandiri.

“Sejak kita mengawali UU Penggabungan Desa, dana desa terus meningkat dari tahun ke tahun. Hari ini sudah 13.000 desa sudah maju ada mandiri. Nanti kita naikkan lagi anggaran ada kehidupan ekonomi melalui Bumdes, pertanian, peternakan, ekonomi kreatif,” kata Cak Imin.

Romauli Panggabean Lead Knowledge Generation Koalisi Sistem Pangan Lestari yang tergabung dalam panel ahli “Live Fact Checking Debat Cawapres” memaparkan, berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) dari Kementerian Desa terlihat bahwa desa yang masuk kategori desa maju mencapai 23.030. Jadi bahkan sudah lebih tinggi dari 13.000 desa pada tahun 2023.

“Indeks tersebut dibentuk dari indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi, dan indeks ketahanan ekologi. Tapi untuk dapat dikatakan mandiri belum dapat dibuktikan,” ujarnya.

Rinciannya, Afni Regita Cahyani Muis Dosen Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor menyebut berdasarkan Kemendesa, klasifikasi desa maju dan mandiri berbeda sehingga turut memiliki persentasi yang berbeda.

Di tahun 2023, kategori desa maju terdapat 23.030 atau 30.94 persen. Sedangkan, kategori desa mandiri terdapat 11.456 atau sebesar 15.39 persen.(iss)

Catatan Redaksi: Artikel ini hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama 20 media dan 8 panel ahli di Indonesia.

 

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs