Senin, 29 April 2024

Debat Cawapres Siap Digelar, Ring 1 Lokasi Acara Sudah Steril

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Aparat kepolisian bersiaga di area Ring 1 Debat Pilpres 2024, Jakarta Convention Center, Minggu (21/1/2024). Foto: Farid suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, malam hari ini, Minggu (21/1/2024), kembali menggelar Debat Pilpres 2024 seri keempat.

Debat dengan peserta calon wakil presiden (cawapres) terjadwal mulai pukul 19.00 WIB, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, sekitar pukul 15.00 WIB atau empat jam sebelum acara debat dimulai, aparat keamanan sudah melakukan sterilisasi di ring 1. Sehingga, akses masuk lokasi sangat terbatas.

Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro Kapolres Metro Jakarta Pusat mengatakan, sebanyak 2.292 personel gabungan dilibatkan dalam pengamanan debat cawapres hari ini.

Pengamanan gabungan terdiri dari personel Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemprov DKI Jakarta dan instansi terkait.

Personel pengamanan disiagakan di 33 titik, mulai dari Ring 1 Area Debat, ruang holding pasangan calon presiden, tamu VIP dan undangan.

Kemudian, di Ring 2 posisinya di sekitar pintu masuk JCC, lobi, ruang media dan area simpatisan non undangan. Sedangkan Ring 3 di sektor terluar pintu 5, 7, 8, 9, dan 10 Gelora Bung Karno, sampai tempat-tempat parkir kendaraan.

“Sejauh ini kami belum melakukan rekayasa lalu lintas. Kami akan sesuaikan dengan situasi menjelang pukul 19.00 WIB situasi seperti apa nanti kami akan sesuaikan,” ujar Kombes Pol Susatyo.

Sementara, KPU sudah membuat tata tertib dan aturan debat, di antaranya jumlah pendukung yang bisa masuk Ring 1 dibatasi 75 orang per pasangan capres. Dengan begitu, cuma tamu undangan yang bisa masuk.

Tema debat kedua untuk cawapres yaitu pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Sama seperti debat sebelumnya, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD yang berstatus cawapres akan menjelaskan visi dan misinya, serta menjawab pertanyaan panelis, dan sesama mereka sendiri.

Tiga orang calon presiden, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo juga akan hadir di lokasi. Tapi, cawapres yang punya porsi bicara di atas panggung debat.

Seperti diketahui, KPU RI menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024, terdiri dari tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs