Minggu, 12 Mei 2024

Debat Keempat Pemilu 2024 Dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada 21 Januari

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Muhaimin Iskandar Cawapres nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka Cawapres nomor urut 2 , dan Mahfud MD Cawapres nomor urut 3 dalam debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut debat keempat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang mempertemukan para calon wakil presiden (cawapres) akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1/2024).

“Debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari (2024) akan dilaksanakan di JCC,” kata August Mellaz Komisioner KPU RI dilansir Antara, Senin (15/1/2024) malam.

Mellaz menyebut, JCC dipilih karena alasan ketersediaan lokasi dan para tim pasangan calon telah familiar. Pasalnya debat kedua yang mempertemukan cawapres pada Jumat (22/12/2023) lalu, juga digelar di lokasi yang sama.

“Kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena availability tersedia, kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim pasangan calon sangat familiar dengan tempat itu,” ujarnya.

Persiapan teknis debat, kata Mellaz, masih dalam penyelesaian. KPU RI telah merencanakan pertemuan akhir dengan tim pasangan calon dan media penyelenggara untuk finalisasi keseluruhan pada Rabu (17/1/2024) besok.

Ia juga menegaskan bahwa debat keempat tidak mengalami perubahan format apa pun, selain perubahan tema. Adapun tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

“Tema yang nanti di debat keempat itu akan berpengaruh dengan penentuan panelis-panelis karena yang kita cari kan kompetensi dari panelis. Kalau dari sisi pelaksanaan debat, mulai dari 150 menit (total durasi debat): 30 menit itu untuk jeda iklan; 120 menit untuk debat on air-nya, ya, dan dimulai pukul 19.00 kemudian dibagi dengan enam segmen itu akan sama di situ,” paparnya.

Terkait panelis, dia memastikan KPU memilih sosok yang memiliki kompetensi, sehingga tidak ada kaitannya dengan kedekatan terhadap pasangan calon tertentu. Ia pun menyebut KPU tidak mendapatkan protes terkait pemilihan panelis dari tiga debat sebelumnya. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
33o
Kurs