Senin, 29 April 2024

Gus Kikin Siap Pimpin dan Jaga Netralitas PWNU Jatim di Tahun Politik

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Gus Kikin Pj Ketua PWNU Jatim waktu ditemui di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Kamis (11/1/2024). Foto: Istimewa

KH Abdul Hakim Mahfudz yang akrab disapa Gus Kikin menyatakan komitmen bakal menjaga netralitas politik jelang dimulainya Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang, usai ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Ketua PWNU Jawa Timur (Jatim).

Gus Kikin yang juga pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, ini mengatakan, sebelum ditunjuk sebagai Pj Ketua PWNU Jatim, ia diajak bicara oleh pengurus PBNU.

Cucu Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari itu bakal menjaga persatuan di PWNU Jatim pascapencopotan KH Marzuki Mustamar. Ia bakal mengedepankan kepentingan NU, dibanding kepentingan kelompok atau pribadi tertentu.

“Ya kalau ada orang terbelah itu kan karena kepentingannya berbeda. Kalau saya kan enggak banyak kepentingan, kalau kita sama-sama memikirkan bagaimana kepentingan NU, organisasi bisa berjalan dengan baik, memberikan manfaat, InsyaAllah,” ujar Gus Kikin di Jombang, Kamis (11/1/2024).

Selain itu, Gus Kikin juga mengaku bila selama ini dirinya sudah lama tidak berkecimpung di PWNU Jatim.

Dirinya pun bakal beradaptasi dan mengenal lingkungan PWNU Jatim untuk mencari tahu apa yang sudah dan apa yang belum dikerjakan di sana.

“Kemudian bagaimana selama ini apa yang sudah dilakukan kemudian yang bagus-kita kita lanjutkan, kita mengalir aja,” katanya.

Tak hanya itu, Gus Kikin pun bertekad menjaga netralitas PWNU Jatim. Secara pribadi dirinya juga mengklaim bila tidak berpihak ke calon tertentu.

“Saya kan enggak pernah bilang saya mendukung. Saya tuan rumah kan ya memang semuanya datang ke sini. Dan yang memang saya menyatakan bahwa saya harus menghormati semua tamu lah,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Rapat Gabungan Syuriah dan Tanfidziyah Pengurus Besar NU (PBNU), menetapkan KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) sebagai nahkoda baru PWNU Jatim.

“Alhamdulillah rapat gabungan siang tadi bulat menetapkan Gus Kikin menjadi Pj Ketua PWNU Jatim menggantikan KH Marzuki Mustamar,” kata Saifullah Yusuf Sekjen PBNU, dalam keterangan tertulis, Rabu (10/1/2024).

Gus Kikin, akan menjabat hingga diselenggarakannya Musyawarah Wilayah NU Jawa Timur yang rencananya pada bulan Maret 2024 mendatang. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs