Senin, 29 April 2024

Jokowi Presiden Setujui Pemberhentian Arya Wedakarna sebagai Anggota DPD RI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Arya Wedakarna Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR di ‘Sarasehan Kehumasan MPR Tahun 2021, Menyapa Sahabat Kebangsaan’ yang digelar di Auditorium, Gedung Conefo, Universitas Mahendradatta, Kota Denpasar, Bali, Senin (1/11/2021). Foto: MPR RI

Joko Widodo Presiden sudah menerbitkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian I Gusti Ngurah Arya Wedakarna sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Keppres Nomor 35/P Tahun 2024 tentang Peresmian Pemberhentian Antarwaktu Anggota DPD dan MPR RI periode 2019-2024 itu ditandatangani Nanik Purwanti Deputi bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara tanggal 22 Februari 2024.

Sebelumnya, Arya Wedakarna mendapat sorotan publik karena pernyataannya dalam rapat Komite I DPD RI bersama pejabat Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bea Cukai dan instansi terkait, di Bandara Ngurah Rai, Bali, Jumat (29/12/2024).

Di forum itu, Arya menyatakan keberatan penyambut tamu Bandara Ngurah Rai perempuan menggunakan penutup kepala (hijab). Menurutnya, yang layak menyambut adalah perempuan dengan dandanan adat Bali.

Pernyataan yang viral tersebut membuat banyak pihak tersinggung dan melaporkan ke polisi. Bahkan, Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bali menilai pernyataan Arya mengandung unsur SARA.

Merespons kegaduhan itu, Jumat (19/1/2024), Badan Kehormatan DPD RI menggelar sidang penyidikan dan verifikasi dugaan pelanggaran tata tertib dan kode etik yang dilakukan Arya Wedakarna, di Kantor DPD RI Provinsi Bali, Denpasar.

Hasilnya, Badan Kehormatan DPD RI menyatakan Arya Wedakarna terbukti melakukan pelanggaran dan memecat dengan dasar hukum Pasal 48 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan DPD RI Nomor 1 Tahun 2021.

Putusan pemecatan dibacakan Made Mangku Pastika Ketua Badan Kehormatan DPD RI, dalam Rapat Paripurna DPD RI, Jumat (2/2/2024), di Jakarta. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs