Jumat, 3 Mei 2024

Kenalkan Sosok Ganjar-Mahfud, Relawan Gelar Pertunjukan Wayang di Kabupaten Bogor

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Suasana pementasan wayang golek Giriharja Putu untuk menyampaikan visi mis Ganjar dan Mahfud MD di Ciampea, Kabupaten Bogor, Sabtu (3/2/2024). Foto: istimewa

Relawan KawanJuang yang merupakan pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD pasangan calon presiden dan wakil presiden mengadakan pertunjukan wayang golek pada Sabtu (3/2/2024) malam.

Menurut Aditya, Koordinator KawanJuang, pertunjukan wayang oleh kelompok Giriharja Putu ini bertujuan mengenalkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD agar lebih dekat ke masyarakat.

Pagelaran ini disambut warga setempat dengan antusias. Di tengah hujan gerimis, sekitar 3.000 orang memadati lapangan sepakbola di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Warga sudah berada di lapangan sebelum acara wayang dimulai.

Giriharja Putu yang menjadi ikon seni wayang golek di Jawa Barat menghibur setiap penonton yang hadir.

Khanha Shandhika Ade Kosasih dalang muda dari Lingkung Seni Giri Harja II Putu, Bandung, membawakan lakon Sukma Dewa Kusumah yang menceritakan tentang kekacauan di Negeri Tiga Alam yang dipicu oleh kepemimpinan Hyang Batara Guru yang dirasakan oleh masyarakatnya tidak lagi adil dan bijaksana.

Dalam pentas tersebut, sang dalang membawa tokoh Ganjar dan Mahfud ke atas pentas. Wayang Ganjar dan Mahfud MD muncul pada sesi bebodoran punakawan Cepot dan Dawala. Penampilan si ‘Rambut Putih’ membawa sensasi tersendiri bagi penonton.

Bayu Syahjohan Ketua Dewan Pengurus Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Bogor mengapresiasi pertunjukan wayang golek tersebut.

Di tengah gempuran budaya asing, wayang masih menempati ruang khusus di hati penggemarnya di Kabupaten Bogor.

“Saya tidak menyangka antusiasme masyarakat begitu luar biasa, meski di tengah hujan 2.000-3.000 orang datang ke sini untuk menyaksikan wayang golek. Masih ada secercah harapan untuk melestarikan budaya yang mulai ditinggalkan,” katanya.

Ia menuturkan harapannya bahwa sosialisasi sosok Ganjar dan Mahfud MD melalui pertunjukan wayang golek ini bisa diterima dengan baik di masyarakat.

“Semoga Pak Ganjar dan Pak Mahfud menang dalam pilpres 2024 ini,” ujar Bayu.

Asiah, salah satu warga yang hadir menyambut baik acara ini. Dia juga meminta agar Ganjar dan Mahfud MD tak melupakan janjinya jika menang dalam pemilihan presiden 2024.

“Bantuan lebih diutamakan lagi ke masyarakat yang membutuhkan, terutama untuk pendidikan, kesehatan dan sembako,” ujarnya.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs